KESESUAIAN ANTARA MATERI PEMBELAJARAN DENGAN KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (SENI RUPA) KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANETE RIAJA KABUPATEN BARRU

Vivi, Fitriana K. and Abdul Aziz, Ahmad and Hasnawati, Hasnawati (2018) KESESUAIAN ANTARA MATERI PEMBELAJARAN DENGAN KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (SENI RUPA) KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANETE RIAJA KABUPATEN BARRU. Jurnal Tanra, 5 (2). pp. 35-43. ISSN 2407-6066

[img] Text
Hal 35 - 43 Vivi Fitriana K, Abd. Aziz Ahmad, Hasnawati.docx

Download (219kB)
Official URL: http://ojs.unm.ac.id/tanra/

Permasalahan penelitian ini adalah kesesuaian antara materi pembelajaran dengan kompetensi dasar dan indikator pencapaian dalam RPP semester genap pada kelas VIII SMP Negeri 1 Tanete Riaja yang dilaksanakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian antara materi pembelajaran dengan kompetensi dasar dan indikator pencapaian dalam RPP semester genap yang dikembangkan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah analisis isi (content) pada taraf penelitian deskriptif-kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang dipersiapkan oleh guru seni budaya (seni rupa) kelas VIII SMP Negeri 1 Tanete Riaja. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik purpossive sampling. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data pada penelitian adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu menyesuaikan dan menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi pembelajaran telah sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator dalam rencana pelaksanaan pembelajaran semester genap pencapaian di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanete Riaja. Materi pembelajaran dalam rencana pelaksanaan pembelajaran hanya dituliskan pokok-pokok materi saja tanpa dicantumkan materi ajar yang lengkap. Serta terdapat kekeliruan yakni alokasi waktu yang ditetapkan tidak cukup dalam mengajarkan materi penerapan ragam hias pada bahan keras.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kompatibilitas, bahan pembelajaran, kompetensi, prestasi, kelas seni
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Desain Komuniksi Visual
Divisions:
Depositing User: Mr. Dian Cahyadi
Date Deposited: 02 Nov 2018 20:13
Last Modified: 02 Nov 2018 20:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11348

Actions (login required)

View Item View Item