APRESIASI NILAI MORAL CERITA RAKYAT TORAJA PADA SISWA SMP KRISTEN ELIM MAKASSAR

Ribkawati, Risna (2018) APRESIASI NILAI MORAL CERITA RAKYAT TORAJA PADA SISWA SMP KRISTEN ELIM MAKASSAR. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57,. pp. 307-321. ISSN 978-602-5554-35-3 (In Press)

[img]
Preview
Text
Risna Ribkawati_Apresiasi Nilai Moral.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Apresiasi adalah menilai, menghargai, serta membandingkan terhadap suatu karya sastra atau pun karya seni. Nilai moral adalah suatu pengukur apa yang baik dan apa yang buruk dalam kehidupan masyarakat, juga dapat diartikan sebagai sikap atau perilaku, tindakan, kelakuan seseorang pada saat mencoba melakukan sesuatu hal dan memiliki nilai positif di mata manusia lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai moral kesetiaan cerita rakyat Toraja, (2) mendeskripsikan nilai moral kejujuran cerita rakyat Toraja, dan (3) mendeskripsikan nilai moral kerja keras cerita rakyat Toraja pada siswa SMP Kristen Elim Makassar. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif, yakni mendeskripsikan nilai-nilai moral yang terdapat pada cerita rakyat Toraja pada siswa SMP Kristen Elim Makassar dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, teknik catat dan dokumentasi. Data tersebut selanjutnya dianalisis melalui langkah-langkah: (1) mentrankripsi data kedalam bentuk tulisan, (2) mengidentifikasi nilai moral cerita rakyat Toraja yang telah dikerjakan oleh siswa, dan (3) data disajikan dalam bentuk deskripsi sebagaimana adanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: apresiasi nilai moral cerita rakyat Toraja layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah, terutama pada pembelajaran Bahasa. Indonesia. Kata Kunci: Apresiasi Nilai moral, Kejujuran, Kesetiaan, dan Kerja Keras.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Mr Irfan Arifin
Date Deposited: 30 Oct 2018 06:53
Last Modified: 30 Oct 2018 06:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11325

Actions (login required)

View Item View Item