PENGARUH MEDIA JEJARING SOSIAL TERHADAP PENGGUNAAN GAYA BAHASA GAUL PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR

Rosida, Nurlina (2018) PENGARUH MEDIA JEJARING SOSIAL TERHADAP PENGGUNAAN GAYA BAHASA GAUL PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57,. pp. 243-251. ISSN 978-602-5554-35-3 (In Press)

[img]
Preview
Text
Nurlina Rosida_Pengaruh Media.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media jejaring sosial terhadap penggunaan gaya bahasa gaul di kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 1 Makassar tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA / IPS SMA Muhammadiyah 1 Makassar yang terdiri dari 30 siswa dengan 14 siswa perempuan dan 16 orang laki-laki. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan instrumen, yaitu angket alat pengumpul data yang berupa serangkaian pertanyaan yang diajukan kepada responden untuk mendapatkan jawaban secara langsung. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan bantuan program pengolahan data statistik SPSS 20. Hasil analisis respon menunjukkan bahwa nilai rata-rata persentase respon siswa tentang pengaruh media jejaring sosial terhadap penggunaan gaya bahasa gaul adalah 82,85%. Dengan demikian respon siswa tentang pengaruh media jejaring sosial terhadap penggunaan gaya bahasa gaul dapat dikatakan cukup besar karena telah memenuhi kriteria respon siswa yakni ≥ 80%. Artinya media jejaring sosial cukup berpengaruh terhadap penggunaan gaya bahasa gaul di kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Makassar. Hasil analisis wawancara terhadap siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Makassar terdapat dampak positif dan negatif terhadap pengaruh media jejaring sosial terhadap penggunaan gaya bahasa gaul. Dampak positif dengan digunakannya bahasa gaul adalah remaja menjadi lebih kreatif serta mempunyai wawasan luas tentang gaya bahasa yang terus berkembang. Dampak negatif dapat mengganggu siapa pun yang membaca dan mendengar kata-kata yang termaksud di dalamnya, karena tidak semua orang mengerti akan maksud dari kata-kata gaul tersebut. sangat memusingkan dan memerlukan waktu yang lebih banyak untuk memahaminya. Dari hasil analisis di atas, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara media jejaring sosial terhadap penggunaan gaya bahasa gaul siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Makassar. Kata Kunci: Media Jejaring Sosial, Penggunaan Gaya Bahasa Gaul.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Mr Irfan Arifin
Date Deposited: 30 Oct 2018 06:20
Last Modified: 30 Oct 2018 06:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11321

Actions (login required)

View Item View Item