Deskripsi Penalaran Logis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Berpikir Peserta Didik SMP Negeri 2 Pinrang.

MUHAMMAD, ZAKKIR. (2014) Deskripsi Penalaran Logis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Berpikir Peserta Didik SMP Negeri 2 Pinrang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Muhammad Zakkir.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD ZAKKIR. 2014. Deskripsi Penalaran Logis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Berpikir Peserta Didik SMP Negeri 2 Pinrang. (Dibimbing oleh Ilham Minggi dan Asdar). Penalaran dalam pemecahan masalah merupakan hal penting yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran. Di sisi lain, kemampuan memecahkan masalah merupakan hal yang sulit bagi peserta didik. Upaya yang harus dilakukan adalah dengan mendesain pembelajaran yang tidak hanya meningkatkan hasil belajar peserta didik, tetapi juga mampu mengembangkan kemampuan penalaran logisnya dalam memecahkan masalah. Sebagai langkah awal, harus mengetahui secara mendalam bagaimana sesungguhnya deskripsi penalaran logis peserta didik dalam memecahkan masalah. Deskripsi inilah yang akan menjadi modal dasar dalam mendesain pembelajaran. Perbedaan gaya berpikir peserta didik menarik perhatian peneliti untuk melihat deskripsi penalaran logisnya. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimanakah deskripsi penalaran logis peserta didik yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret (SK), sekuensial abstrak (SA), acak konkret (AK) dan acak abstrak (AA) dalam memecahkan masalah Matematika di SMP Negeri 2 Pinrang? (ii) Bagaimanakah perbedaan penalaran logis peserta didik yang memiliki gaya berpikir SK, SA, AK dan AA dalam memecahkan masalah Matematika di SMP Negeri 2 Pinrang? Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mmendeskripsikan penalaran logis peserta didik yang memiliki gaya berpikir SK, SA, AK dan AA dalam memecahkan masalah Matematika di SMP Negeri 2 Pinrang; (ii) untuk menghasilkan perbedaan penalaran logis keempat peserta didik dengan gaya berpikir berbeda dalam memecahkan masalah Matematika di SMP Negeri 2 Pinrang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pemecahan masalah yang digunakan mengikuti langkah-langkah pemecahan masalah menurut Polya. Pada setiap langkah pemecahan masalah menurut Polya, terdapat indikator penalaran logis yang akan dikaji. Pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kombinasi metode wawancara dan analisis tugas tertulis. Data yang diperoleh melalui hasil wawancara dan pekerjaan tertulis dianalisis dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Penentuan kredibilitas data menggunakan triangulasi waktu, ketekunan pengamatan, pengecekan anggota dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian mendeskripsikan penalaran logis peserta didik yang memiliki gaya berpikir berbeda. Deskripsi utuh yang memuat seluruh komponen penalaran logis dan konektivitas setiap unsur dari penalaran dijabarkan dengan menggunakan tabel. Kesimpulan yang diperoleh berupa deskripsi penalaran logis untuk peserta didik yang memiliki gaya berpikir SK, SA, AK, AA dan perbedaannya dalam memecahkan masalah Matematika di SMP Negeri 2 Pinrang. .ABSTRACT MUHAMMAD ZAKKIR. 2014. Deskription of logical Reasoning in Solving Mathematics problem Based on Students’ Thinking Style of Students at SMPN 2 Pinrang (supervised by Ilham Minggi and Asdar). The study aims at (i) describing the logical reasoning of students’ thinking styles as in SK, SA, AK, and AA in solving Mathematics problems at SMPN 2 Pinrang, (ii) production the differences of logical reasoning of those four students with different thinking styles in solving mathematics problems at SMPN 2 Pinrang. The study is a qualitative research. The problems solving used referred to polya’s. In each of problems solving according to Polya, there’s indicator of logical reasoning to be studied. The subjects of the study were taken by employing purposive random sampling technique. Data were collected through interview and written format, which were analyzed using Miles and Huberman model. The credibility of data employed triangulation, observation, and member check. The result of the study describes the logical reasoning of students with different thinking styles. The whole description which contains all components of logical reasoning and connectivity of each element of the profile is described by using tables. The conclusion of the study is obtained in a form of logical reasoning of students who have thinking styles of SK, SA, AK, AA and their differences in solving Mathematics problems at SMPN 2 Pinrang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:08
Last Modified: 26 Oct 2016 03:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1132

Actions (login required)

View Item View Item