POTENSI UNIK PENDIDIKAN SENI DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER

Salam, Sofyan (2018) POTENSI UNIK PENDIDIKAN SENI DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57,. pp. 21-34. ISSN 978-602-5554-35-3 (In Press)

[img]
Preview
Text
Sofyan Salam. Potensi Unik Pend. Seni dalam Pengemnangan Karakter.pdf

Download (398kB) | Preview

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh sekolah dewasa ini adalah bagaimana memaksimalkan potensi setiap mata pelajaran dalam upaya pengembangan karakter peserta-didik. Dalam era globalisasi dewasa ini, pendidikan karakter yang efektif sangat diperlukan sehubungan dengan munculnya tantangan baru yang belum dikenal pada masa lalu seperti penyebaran informasi berbahaya melalui media sosial/internet (hoax, ujaran kebencian, pornografi) dan penyalahgunaan narkotika yang semakin canggih. Penelitian menunjukkan bahwa agar efektif, pengembangan karakter peserta-didik mestilah melibatkan seluruh pemangku kepentingan, memaksimalkan peran mata pelajaran yang tercantum dalam kurikulum, serta didukung oleh budaya dan lingkungan sekolah. Dalam paper ini ditunjukkan bahwa pendidikan seni memiliki potensi-unik dalam mengembangkan karakter tertentu yang relevan dengan keunikan pendidikan seni itu sendiri. Dua contoh garis-besar strategi pembelajaran dalam upaya pengembangan karakter melalui pendidikan seni yakni: (1) strategi pembelajaran untuk pengembangan karakter-kreatif dan (2) strategi pembelajaran untuk pengembangan karakter-beridentitas. Disadari bahwa pengembangan karakter bukanlah sesuatu yang bersifat instan tetapi melewati proses yang lama, rumit dan penuh tantangan. Kata kunci: pendidikan karakter, pendidikan seni, karakter-kreatif, karakter-beridentitas

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Mr Irfan Arifin
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:29
Last Modified: 30 Oct 2018 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11312

Actions (login required)

View Item View Item