MASYARAKAT DAN SENI LUKIS (SUATU KAJIAN SOSIOLOGI SENI MAKNA ESTETIS SENI LUKIS DALAM INTERAKSI SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT KOTA MAKASSAR)

MAPPALAHERE, MOH. THAMRIN (2018) MASYARAKAT DAN SENI LUKIS (SUATU KAJIAN SOSIOLOGI SENI MAKNA ESTETIS SENI LUKIS DALAM INTERAKSI SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT KOTA MAKASSAR). Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57,. pp. 179-190. ISSN 978-602-5554-35-3 (In Press)

[img]
Preview
Text
Moh. Thamrin Mappalahere_Masyarakat dan seni.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui makna estetis seni lukis dalam interaksi sosial budaya masyarakat Kota Makassar melalui seni lukis. Metode penelitian Observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian adalah Masyarakat Kota makassar yang dibagi tiga kelompok: kelompok masyarakat menengah, Kelompok masyarakat tengah dan kelompok masyarakat kelas bawah. Teknik analisa data yang dilakukan adalah analisis kualitatif non statistik dengan cara menggambarkan hasil penelitian lalu mendeskripsikan sesuai fakta atau keadaan apa adanya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kelompok masyarakat bawah dalam Interaksi sosial budaya masyarakat Kota Makassar belum memandang seni lukis sebuah ekspresi, tepatnya objektifikasi manusia pada ruang dan waktu dimana ia berada. Walaupun Segala bentuk hasil cipta manusia adalah fakta budaya yang seharusnya dapat dipahami oleh masyarakat luas (2) Kelompok masyarakat tengah Kota Makassar dalam interaksi sosial budaya terpengaruh dengan perkembangan relatif tidak menentu atau masih rendah belum berfikir sebagai pemenuhan kebutuhan sebagai fakta budaya. Faktor yang menghambat adalah bukan untuk dipahami tetapi hanya sebatas pemenuhan kepuasan (3) Kelompok Masyarakat Atas Kota Makassar memandang Seni lukis sebagai pemenuhan kepuasan tersendiri yang hanya mengedepankan kepentingan subjektifitas terhadap kebutuhan estetik yang berjalan sesuai dengan konteks (zaman). Seni lukis masih dipandang sebagai kebutuhan rohani artinya bisa ditunda bukan sebagai kebutuhan walaupun dirumahnya terdapat beberapa karya seni lainnya termasuk lukisan dalam rumahnya. Kata Kunci: Seni Lukis, Sosial Budaya, Estetika.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Mr Irfan Arifin
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:25
Last Modified: 30 Oct 2018 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11311

Actions (login required)

View Item View Item