PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN SENI TARI BERBASIS SENI BUDAYA BAGI SISWA SMA DI MAKASSAR

Syakhruni, Syakhruni (2018) PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN SENI TARI BERBASIS SENI BUDAYA BAGI SISWA SMA DI MAKASSAR. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57,. pp. 371-382. ISSN 978-602-5554-35-3 (In Press)

[img]
Preview
Text
Syakhruni_Pengembangan Materi.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Masih banyak permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran seni budaya di sekolah, padahal kontribusi pendidikan seni budaya sangat signifikan untuk pembinaan karakter anak didik dan karakter bangsa. Pendidikan seni budaya memberi ruang untuk perkembangan multi kecerdasan anak didik secara optimal. Dalam dimensi pedagogis, pendidikan seni budaya memiliki sifat multilingual, multidimesional dan multikultural, yang dapat membangun karakter seseorang untuk mampu berkomunikasi dalam toleransi, kearifan, kesepahaman dan kebersamaan. Terkait dengan permasalahan ini, konteks penelitian ini difokuskan pada penyelesaian permasalahan internal di sekolah dalam usaha memacu kemampuan guru menyajikan pelajaran seni budaya secara komprehensif dan optimal. Penelitian merupakan penelitian research and development dilaksanakan di Makassar, sedangkan wilayah yang dipilih ditentukan secara purposive. Subyek penelitiannya adalah para guru, kepala sekolah, dan pakar yang berkompeten dalam pembelajaran seni tari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, pengamatan, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif-kualitatif. Temuan hasil penelitian yang berupa kesulitan dan kendala mencakup (1) kemampuannya dalam menerjemahkan isi kuruikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) seni tari berbasis kompetensi, (2) kemampuannya dalam mengoptimalkan potensi seni tari anak (anak menjadi kreatif dan aktif), (3) menerapan metode yang digunakan dalam pembelajaran seni musik, (4) memanfaatan sarana dan media pembelajaran tari, (5) memanfaatkan potensi lingkungan budaya dan alam sekitar dalam pembelajaran tari, dan (6) mengembangkan bentuk evaluasi dalam pembelajaran tari. Bertolak dari temuan tersebut maka dalam penelitian ini dikembangkan sebuah model buku ajar materi pembelajaran seni tari yang diharapkan dapat diimplementasikan oleh para guru sekaligus mampu menstimulasi dan memotivasi guru dalam mengembangan pembelajaran seni tari selanjutnya. Kata kunci : Pembelajaran tari berbasis seni budaya, pengembangan bahan ajar dan materi pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Seni Tari
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Mr Irfan Arifin
Date Deposited: 29 Oct 2018 07:59
Last Modified: 29 Oct 2018 07:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11305

Actions (login required)

View Item View Item