PEMBELAJARAN PANTOMIM KEPADA TUNARUNGU SEBAGAI SOLUSI KOMUNIKATIF TERHADAP ANAK DENGAR

Prusdianto, Prusdianto and Rahmaeni, Andi and Mukminin, Rahmatullah and Sain, Muhammad Erwin and Kasin, Besse Ayu Wulandari (2018) PEMBELAJARAN PANTOMIM KEPADA TUNARUNGU SEBAGAI SOLUSI KOMUNIKATIF TERHADAP ANAK DENGAR. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57,. pp. 287-295. ISSN 978-602-5554-35-3 (In Press)

[img]
Preview
Text
Prusdianto_Pembelajaran Pantomin.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Keterbatasan pendengaran pada anak tunarungu menghambat akses informasi yang diterima secara tepat. Dalam berkomunikasi mereka menggunakan bahasa isyarat untuk menjembatani proses komunikasi. Sementara bahasa isyarat sendiri adalah bahasa khusus yang tidak dimengerti oleh semua anak dengar. Meski demikian dengan segala keadaannya, bukan berarti tidak ada jalan agar anak tunarungu dan anak dengar bisa berkomunikasi secara aktif. Salah satu cara anak tunarungu bisa komunikatif dengan anak dengar ialah melalui pantomim. Karena, pantomim hanya menggunakan bahasa isyarat, mengekspresikan informasi melalui gerak tubuh, gestur dan mimik, yang merupakan modal utama sarana komunikasi anak tunarungu. Dengan pantomim anak tunarungu dapat mengekspresikan diri mereka kepada orang-orang di sekitarnya. Melalui peran dalam pertunjukan pantomim mereka menyampaikan sebuah pesan dari alur cerita yang di perankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran pantomim kepada tunarungu sebagai solusi komunikatif terhadap anak dengar. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil yang didapatkan melalui penelitian ini ialah proses pembelajaran teater pantomim bagi siswa tunarungu menunjukkan bahwa pengaruh pantomim bagi siswa tunarungu merupakan hal yang menghibur, menjadi kesukaan dan hobi bagi anak tunarungu. Sehingga pantomim menjadikan anak tunarungu menjadi berani dan memiliki banyak teman. Melalui pantomim anak tunarungu dapat belajar berkomunikasi dan berekspresi sehingga lebih komunikatif. kata kunci: tunarungu, pantomim, komunikatif, anak dengar

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Mr Irfan Arifin
Date Deposited: 29 Oct 2018 05:56
Last Modified: 29 Oct 2018 05:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11300

Actions (login required)

View Item View Item