saleh, nurming and saud, syukur and Asnur, Muhammad Nur Ashar (2018) Pemanfaatan QR-Code sebagai media pembelajaran Bahasa Asing pada Perguruan Tinggi di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57,. pp. 253-260. ISSN 978-602-5554-35-3 (In Press)
|
Text
Nurming Saleh_Pemanfaatan QR Code.pdf Download (333kB) | Preview |
Abstract
Tren pemanfaatan media ICT di dunia pendidikan mengalami peningkatan yang signifikan. Konsep tersebut mengarah sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran. QR Code salah satu media berbasis ICT yang dikembangkan sebagai alat pemindai kode yang sangat cepat. Meskipun demikian, artikel tentang pemanfaatan QR Code belum banyak digunakan pada konteks dunia pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengekplorasi pemanfaatkan QR Code sebagai media dalam mengoptimalkan proses pembelajaran bahasa asing di perguruan tinggi. Studi tentang pemanfaatan QR Code ini dilakukan pada tahun 2018 di Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Data diperoleh melalui survei penggunaan QR Code dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan QR Code memberikan dampak positif dalam peningkatan proses pembelajaran. Melalui QR Code, mahasiswa dapat mengevaluasi hasil pekerjaannya dengan baik dan memberikan kemudahan dalam memahami materi yang dipelajari. Selain itu, hasil tes menunjukkan bahwa 63,63% mahasiswa dari jumlah total beberada pada kategori sangat baik. Hasil penelitian ini sangat relevan dalam pembelajaran, utamanya dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa asing mahasiswa di perguruan tinggi. Kata kunci: pembelajaran bahasa asing, QR Code, media pembelajaran
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Divisions: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Depositing User: | Mr Irfan Arifin |
Date Deposited: | 29 Oct 2018 05:45 |
Last Modified: | 29 Oct 2018 05:45 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11298 |
Actions (login required)
View Item |