IMPLEMENTASI BUKU AJAR KOSAKATA BAHASA JERMAN (WORTSCHATZ) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES- TOURNAMENT (TGT)

usman, misnawaty and dalle, ambo and Achmad, Abd. Kasim (2018) IMPLEMENTASI BUKU AJAR KOSAKATA BAHASA JERMAN (WORTSCHATZ) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES- TOURNAMENT (TGT). Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57,. pp. 153-164. ISSN 978-602-5554-35-3 (In Press)

[img]
Preview
Text
Misnawaty_Implementasi Buku Ajar.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstrak: Fokus permasalahan pada penelitian ini adalah: bagaimana menyusun buku ajar kosakata bahasa Jerman (wortschatz) berdasarkan model pembelajaran Teams-Games-Tournament (TGT). Tujuannya adalah menghasilkan buku ajar pembelajaran kosakata bahasa Jerman berbasis model pembelajaran Teams-GamesTournament (TGT). Penelitian ini menggunakan Quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design dan dianalisis dengan menggunakan analisis Uji-t. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 11 Makassar, yang berjumlah 252 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling yaitu siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 3 yang berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data thitung > ttabel yaitu 3,27 > 1,999 yang menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Jerman dengan menggunakan buku ajar berbasis model pembelajaran Teams-Games- Tournament (TGT) efektif terhadap pembelajaran kosakata bahasa Jerman (Wortschatz) siswa kelas X IPA SMA Negeri 11 Makassar. Kata Kunci: Buku Ajar (BA), kosakata bahasa Jerman (Wortschatz), TeamsGames-Tournament (TGT).

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa Jerman
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Mr Irfan Arifin
Date Deposited: 29 Oct 2018 05:14
Last Modified: 29 Oct 2018 05:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11294

Actions (login required)

View Item View Item