MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE ( TTW ) DALAM PENGAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN

Mannahali, Misnah (2018) MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE ( TTW ) DALAM PENGAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN. Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57,. pp. 401-409. ISSN 978-602-5554-35-3 (In Press)

[img]
Preview
Text
Misna Mannahali_Model Pembelajaran.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil peningkatan keterampilan menulis mahasiswa melalui model pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus yang dilakukan pada mahasiswa program studi Bahasa Jerman Universitas Negeri Makassar pada bulan Januari sampai Mei 2018. Data-data dikumpulkan melalui pengamatan, tes, wawancara, angket dan catatan harian. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis bahasa Jerman. Data tersebut ditunjukkan oleh nilai rata-rata pre-tes yang diperoleh mahasiswa adalah 50,6 hasil tes pada siklus 1 meningkat menjadi 62,50, kemudian pada siklus kedua rata-rata hasil keterampilan menulis yang dicapai mahasiswa meningkat menjadi 73.5, dan hasil tes pada siklus ketiga meningkat menjadi 89.50. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran Think Talk Write sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis bahasa Jerman, Kata kunci : Keterampilan menulis bahasa Jerman, model pembelajaran Think Talk Write

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa Jerman
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Mr Irfan Arifin
Date Deposited: 29 Oct 2018 05:09
Last Modified: 29 Oct 2018 05:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11291

Actions (login required)

View Item View Item