Pengaruh Metakognisi dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Kreativitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba

MUHAMMAD, IHSAN (2014) Pengaruh Metakognisi dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Kreativitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Muhammad Ihsan.docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD IHSAN,. Pengaruh Metakognisi dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Kreativitas Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. (dibimbing oleh Hisyam Ihsan dan Suwardi Annas). Salah satu tujuan mata pelajaran matematika di sekolah adalah agar siswa mampu memecahkan masalah matematika. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, diantaranya adalah metakognisi, motivasi belajar siswa dan kreativitas belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metakognisi dan motivasi Belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika melalui kreativitas belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Kindang Kabupaten Bulukkumba sebanyak 179 orang yang terdiri dari 8 kelas. Teknik penarikan sampel dilakukan secara equal size random sampling. Data yang diperoleh melalui kuesioner dan tes, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan analisis SEM (structural equation modeling) Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengaruh metakognisi terhadap kreativitas belajar adalah positif dan signifikan; (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap kreativitas belajar adalah positif dan signifikan; (3) Pengruh metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika secara langsung adalah positif; (4) Pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika secara langsung adalah positif dan signifikan; (5) Pengaruh kreativitas belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika adalah positif dan signifikan; (6) Pengaruh tidak langsung metakognisi dalam kemampuan pemecahan masalah matematika melalui kreativitas belajar adalah positif dan signifikan; (7) Pengaruh tidak langsung motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika melalui kreativitas belajar adalah positif dan signifikan. ABSTRACT MUHAMMAD IHSAN, The Influence Of Metacognition And Learning Motivation Toward Problem Solving Ability On Mathematics torough Learning Creativity Of The VIII Grade Students Of Public Junior High School In Kindang Sub District Of Bulukumba. (Supervised by hisyam Ihsan and Suwardi Annas). Several factors that influence students’ ability to solve mathematics problem are metacognition, learning motivation, and learning creativity on mathematics. Therefore, this research aimed to identify the influence level of metacognition and learning motivation toward mathematics problem solving ability through learning creativity of students. The population was students at grade VIII of public junior high school in Kindang sub district of Bulukumba as much 179 people which divided into 8 classes. Technique of sampling was by equal size random sampling. The data were collected through questionnaire and test, and then analyzed by using descriptive statistics and SEM (Structural Equation Modeling) analysis. The result revealed that (1) there is a positive significant influence of metacognition toward learning creativity; (2) there is also a positive significant influence of learning motivation toward learning creativity; (3) the direct influence of metacognition toward mathematics problem solving ability is positive and significant; (4) the direct influence of learning motivation toward mathematics problem solving ability is positive significant; (5) there is a positive significant influence of learning creativity toward mathematics problem solving ability; (6) the indirect influence of metacognition toward mathematics problem solving ability through learning creativity is positive and significant; and (7) the indirect influence of learning motivation toward mathematics problem solving ability through learning creativity is positive and significant.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 01:16
Last Modified: 26 Oct 2016 01:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1129

Actions (login required)

View Item View Item