Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Adm 1 Smk Negeri 1 Pinrang

MILAWATI, MILAWATI (2014) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Adm 1 Smk Negeri 1 Pinrang. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
MILAWATI. 2014..docx

Download (14kB)

Abstract

ABSTRAK MILAWATI. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Adm 1 Smk Negeri 1 Pinrang (Dibimbing oleh Ilham Minggi dan Awi Dassa) Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan melalui beberapa tahap dalam setiap siklusnya, yaitu perencanan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI administrasi 1 SMK Negeri 1 Pinrang melalui penerapan model kooperatif tipe think pair share dengan pendekatan problem posing Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Administrasi 1 SMK Negeri 1 Pinrang tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 34 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa yang dilakukan tiap akhir siklus, lembar observasi siswa untuk mengamati aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk mengetahui keterlaksanaan pengelolaan pembelajaran di kelas dan angket respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan model kooperatif tipe think pair share dengan pendekatan problem posing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata tes hasil belajar matematika siswa pada siklus I adalah 74,50 yang berada pada kategori sedang dengan standar deviasi 13,49 dimana skor terendah yang diperoleh adalah 45 dan skor tertinggi adalah 100 dari skor ideal adalah 100, pada siklus II meningkat menjadi 84,47 yang berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 10,34 dimana skor terendah yang diperoleh adalah 57 dan skor tertinggi adalah 100 dari skor ideal 100. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 30 siswa atau 88% mencapai ketuntasan individu dan ini berarti bahwa ketuntasan secara klasikal tercapai. (2) Aktivitas siswa yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran yang membahas materi pelajaran mengalami peningkatan, pada siklus I aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran berada pada kategori baik, sedang pada siklus II aktivitas siswa berada pada kategori sangat baik. (3) Kemampuan guru mengelola pembelajaran dikelas setelah menerapkan model kooperatif tipe think pair share dengan pendekatan problem posing dalam proses belajar mengajar dari siklus I ke siklus II mengalami pula peningkatan. (4) Angket respon siswa menunjukkan 86,62% siswa memberikan respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model kooperatif tipe think pair share dengan pendekatan problem posing di kelas. ABSTRACT MILAWATI. 2014. The Implementation of Cooperative Learning Model of Think Pair Share Type Using Problem Posing Approach in Improving Learning Outcomes of Students in Mathematics Subject in Class XI Adm. 1 at SMKN 1 Pinrang (supervised by Ilham Minggi and Awi Dassa). The study aimed at improving learning outcomes of students in Mathematics subject in class XI Adm 1 at SMKN 1 Pinrang by employing cooperative learning model of Think Pair Share (TPS) type using problem posing approach. The study is a classroom action research which conducted in two cycles and each cycle had several phases, namely the planning, action, observation, and reflection. The subjects of the study were 34 students of class XI Adm. 1 at SMKN 1 Pinrang of academic year 2013/2014. The instruments of the study were test of learning outcomes conducted at the end of each cycle, observation sheet to observe students’ activity during the learning process, observation sheet to examine learning management in class, and questionnaire to examine students’ response on the implementation of cooperative learning model of TPS type using problem posing approach. The results of the study reveal that (1) the mean score of students’ learning outcomes at cycle is 74.50 in medium category with standard of deviation 13.49 that the lowest score obtain 45 and the highest score 100 from an ideal score is 100. Cycle II improves to 84.47 which is in high category with standard of deviation 10.34 that the lowest score obtains 57 and the highest 100 from an ideal score is 100. The result obtain 30 students or 88% achieved individual completeness meaning that the classical completeness is achieved, (2) students’ activities relate to learning activity which discusse on learning material shows improvement that at cycle 1 the learning activity is in good category and cycle II is in excellent category, (3) teachers’ ability in managing learning after applying cooperative learning model of TPS type using problem posing approach in teaching learning process at cycle I to cycle II has improved, (4) students’ response show 86.62% students gave positive response on the implementation of learning by applying cooperative learning model of TPS type using problem posing approach in class.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 01:14
Last Modified: 26 Oct 2016 01:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1128

Actions (login required)

View Item View Item