PATRON-KLIEN DAN KETIMPANGAN SOSIAL (Studi Kasus pada Masyarakat Nelayan di Desa Tamasaju Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar)

SULKARNAIN, SULKARNAIN (2018) PATRON-KLIEN DAN KETIMPANGAN SOSIAL (Studi Kasus pada Masyarakat Nelayan di Desa Tamasaju Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar). S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL PATRON KLIEN DAN KETIMPANGAN SOSIAL.pdf

Download (362kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pola hubungan patron-klien antara punggawa dengan sawi pada masyarakat nelayan di Desa Tamasaju Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar; 2) Faktor-faktor yang melanggengkan hubungan patron-klien antara punggawa dengan sawi pada masyarakat nelayan di Desa Tamasaju Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan fokus penelitian masyarakat nelayan di Desa Tamasaju. Teknik penentuan informan porpusive sampling dengan jumlah informan 10 orang. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pola hubungan patron-klien antara punggawa dengan sawi pada masyarakat nelayan di Desa Tamasaju membentuk pola sistemik yang saling berhubungan dan membutuhkan satu sama lainnya. Relasi yang terbentuk diantara keduanya akibat dari saling membantu satu sama lainnya. 2) Faktor-faktor yang melanggengkan hubungan patron-klien antara punggawa dengan sawi meliputi beberapa hal, yaitu: Pertama, berawal dari hubungan kerja yang terjadi diantara keduanya yang menjadikan hubungan yang terjalin semakin dekat dan sudah seperti keluarga sendiri. Kedua, kejujuran dan keterbukaan yang diterapakan dalam segala hal. Ketiga, adanya jasa dari sawi. Keempat, adanya bantuan dari punggawa terhadap sawi. Kata Kunci: Patron-Klien, Ketimpangan Sosial, Nelayan

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2018 01:42
Last Modified: 26 Oct 2018 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11265

Actions (login required)

View Item View Item