HUBUNGAN ANTARA DAYA LEDAK TUNGKAI DAN KESEIMBANGAN DENGAN KEMAMPUAN LARI 60METER MURID SD 221 TANAH KONGKONGKABUPATEN BULUKUMBA

Hermawang, Hermawang and Irfan, Irfan and Suwardi, Suwardi (2018) HUBUNGAN ANTARA DAYA LEDAK TUNGKAI DAN KESEIMBANGAN DENGAN KEMAMPUAN LARI 60METER MURID SD 221 TANAH KONGKONGKABUPATEN BULUKUMBA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL (HERMAWANG 1231141111).pdf

Download (300kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan daya ledak tungkai dan keseimbangan dengan kemampuan lari 60 meter. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan dua variabel bebas yaitu daya ledak tungkai dan keseimbangan dengan satu variabel terikat yaitu kemampuan lari 60 meter. Populasi penelitan ini adalah murid SD 221 Tanah Kongkong Kabupaten Bulukumba. Secara random sampling dipilih sampel sebanyak 30 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis koefisien korelasi pada taraf signifikan 0,05, dengan menggunakan bantuan komputer melalui program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: (1) Ada hubungan yang signifikan antara daya ledak tungkai dengan kemampuan lari 60 meter murid SD 221 Tanah Kongkong Kabupaten Bulukumba dengan nilai r sebesar 0,725 (Pvalue < α 0.05); (2) Ada hubungan yang signifikan antara keseimbangan dengan kemampuan lari 60 meter murid SD 221 Tanah Kongkong Kabupaten Bulukumba dengan nilai r sebesar 0,709 (Pvalue < α 0.05); (3) Ada hubungan yang signifikan antara daya ledak tungkai dan keseimbangan secara bersama-sama dengan kemampuan lari 60 meter murid SD 221 Tanah Kongkong Kabupaten Bulukumba dengan nilai (R) sebesar 0,806 (Pvalue < α 0.05); dan nilai Fhitung (F) sebesar 24,985. Keywords: lari 60 meter, daya ledak tungkai, dan keseimbangan,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Oct 2018 08:41
Last Modified: 25 Oct 2018 08:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11262

Actions (login required)

View Item View Item