PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 11 SINJAI

ARNAWATI, ARNAWATI (2018) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN EKONOMI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN 11 SINJAI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL ARNAWATI.pdf

Download (88kB) | Preview

Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru atau asli, yang sebelumnya belum dikenal ataupun memecahkan masalah baru yang dihadapi. sedangkan pengertian guru adalah pengelola proses belajar mengajar. Jadi kreativitas guru adlah kemampuan guru menciptakan hal-hal baru dalam mengajar sehingga memiliki variasi dalam mengajar yang akan membuat peserta didik lebig aktif dan kreatif dalam mengikuti pembelajaran. Peserta didik akan terdorong untuk belajar manakala mereka memiliki motivasi untuk belajar. Adapun motivasi belajar peserta didik yaitu: 1) tekun dalam mengerjakan tugas, 2) adanya hasrat dan keinginan untuk berhasil, 3) mandiri dalam mengerjakan tugas, 4) ulet menghadapi kesulitan (tidak mudah putus asa). Menumbuhkan motivasi belajar peserta didik merupakan salah satu teknik dalam mengembangkan kemampuan dan kemauan belajar. Salah satu cara yang logis untuk memotivasi peserta didik dalam belajar adalah mengaitkan pengalaman belajar dengan motivasi peserta didik. Guru sebagai orang yang membelajarkan peserta didik sangat berkepentingan dengan masalah ini. Sehingga guru atau calon guru sebisa mungkin harus selalu berupaya untuk dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Berbagai upaya yang dapat dilakukan oleh guru yaitu: 1) terampil mengembangkan strategi pembelajaran, 2) terampil mengembangkan media pembelajaran yang menarik, 3) terampil dalam mengelola kelas, 4) terampil mengembangkan bahan ajar yang lebih bervariasi, 5) memiliki rasa empatik terhadap peserta didik, 6) terampil membuat instrument soal yang baik. Kata Kunci: Kreativitas Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Ekonomi, Motivasi Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Oct 2018 08:22
Last Modified: 25 Oct 2018 08:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11260

Actions (login required)

View Item View Item