PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INQUIRI PADA MATERI TEORI EVOLUSI SMA KELAS XII IPA DI SMA NEGERI 1 PP. TERSELATAN KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA

Lewedalu, John Junarta (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INQUIRI PADA MATERI TEORI EVOLUSI SMA KELAS XII IPA DI SMA NEGERI 1 PP. TERSELATAN KABUPATEN MALUKU BARAT DAYA. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
lengkap.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAKSI Modul merupakan bahan ajar cetak yang dirancang untuk dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Inquiri pada Materi Teori Evolusi yang valid, praktis dan efektif. Intrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian adalah berupa: angket untuk dua orang validator, angket untuk respon guru dan respon peserta didik terhadap modul yang dikembangkan, dan tes hasil belajar. Data yang dikumpulkan dijadikan dasar untuk mengembangkan dan menguji modul. Modul yang telah dikembangkan diuji cobakan pada SMAN 1 Pulau-pulau Terselatan, Kabupaten Maluku Barat Daya. Hasil Penelitian menunjukan bahwa; Modul pembelajaran berada pada kategori valid dengan validitas rata-rata 4,15 dengan persentase 83,15%. Berdasarkan kevalidan modul, maka modul diujicobakan pada kelompok kecil di lokasi penelitian dan hasil keterlaksanaannya menunjukan modul ini praktis karena guru dan peserta didik memberikan respon yang positif, serta efektif untuk digunakan karena dapat meningkatkan hasil belajar sebanyak 11,8%. Berdasarkan hasil penelitian maka modul pembelajaran biologi dinyatakan valid, praktis dan efektif digunakan pada pembelajaran biologi. Kata Kunci : Modul Valid, Praktis dan Efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Oct 2018 07:11
Last Modified: 25 Oct 2018 07:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11258

Actions (login required)

View Item View Item