Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pengrajin Dalam Menenun Sarung sutra Lipa’ Sa’be Khas Mandar Di Desa Samasundu Kecamatan Limboro Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Pendidikan Kesejahtraan Keluarga.

NARDIA, NARDIA (2018) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pengrajin Dalam Menenun Sarung sutra Lipa’ Sa’be Khas Mandar Di Desa Samasundu Kecamatan Limboro Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Pendidikan Kesejahtraan Keluarga. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NARDIA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengrajin tenun sarung sutra Mandar di Desa Samasundu Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi minat pengrajin dalam menenun Sarung Sutra Mandar di Desa Samasundu Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pengrajin(penenun) sarung sutra Lipa Sa’be khas Mandar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis deskriptif yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat pengrajin dalam menenun sarung sutra Lipa’ Sa’be khas Mandar antara lain faktor ekonomi, mengisi waktu luang dan pemanfaatan keahlian. Faktor yang mendasari berkurangnya pengrajin adalah kurang beminatnya generasi muda untuk melestarikan atau meneruskan tradisi menenun kain sarung sutra Mandar. Saran dari penelitian ini adalah Diharapkan kesadaran masyarakat Desa Samasundu Kecamatan Limboro Kabupaten Polewali Mandar untuk tetap melestarikan budaya menenun kain sarung sutra khas Mandar dan Para perempuan penenun Di Desa Samasundu kecamatan Limboro Kabupaten Polewali Mandar agar mampu mengembangkan kreatifitasnya pada corak kain sarung yang akan ditenun dan diharapkan bagi para penenun untuk tetap mempertahankan budaya tenun karena ini merupakan aset daerah bagi masyarakat Mandar khususnya Di Desa Samasundu itu sendiri. Kata Kunci : Minat Pengrajin Sarung Sutra Lipa’ Sa’be Khas Mandar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Oct 2018 07:02
Last Modified: 25 Oct 2018 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11256

Actions (login required)

View Item View Item