Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Pangkep

RIAH, LISNAH (2018) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Pangkep. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL LISNA RIAH 11.pdf

Download (328kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Korespondensi Kelas X Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Pangkep. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menunjukkan pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Populasi dalam penelitian ini adalah sebesar 132 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah 67 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskrpitif dan analisis statistic inverensial dengan menggunakan uji normalitas data, korelasi produc moment, dan analisi regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar tergolong dalam kategori tinggi ditinjau dari minat, bakat, sikap, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah. Untuk prestasi belajar siswa tergolong dalam kategori sangat tinggi yang ditinjau dari nilai rapor siswa. Hasil analisis dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelolah Perkantoran SMK Negeri 1 Pangkep. Hal ini dilihat dari hasil analisis yang dilakukan dengan t hitung adalah 49,158, dan t tabel 1,670 pada taraf signifikan 5 persen yang berarti tingkat pengaruhnya tergolong dalam kategori sangat tinggi. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Oct 2018 06:36
Last Modified: 25 Oct 2018 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11253

Actions (login required)

View Item View Item