Profil Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. (Dibimbing oleh Abdul Rahman dan Awi Dassa).

Christi, Sabinus Rainer Natalis (2018) Profil Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. (Dibimbing oleh Abdul Rahman dan Awi Dassa). S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SABINUS.pdf

Download (595kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah yang ditinjau dari gaya kognitif, yaitu gaya kognitif field independent dan field dependent. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di SMP Negeri 23 Makassar. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 2 orang siswa kelas VIII yang terdiri dari 1 orang subjek gaya kognitif field independent dan 1 orang subjek gaya kognitif field dependent. Tes pemecahan masalah yang diberikan sebanyak dua nomor yaitu, masalah I pada Materi SPLDV dan masalah II pada materi tentang Sudut dan Garis. Hasil penelitian menunjukan, pada tahap memahami masalah, untuk masalah I dan II, proses berpikir yang ditampilkan oleh subjek FI dan FD cendrung sama yaitu menerima informasi dengan cara membaca soal dengan teliti. Mengolah informasi yang ditunjukan dengan mengetahui inti masalah pada soal. Memanggil kembali informasi yang ditandai dengan menyatakan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan bahasanya sendiri. Pada tahap merencanakan pemecahan, untuk masalah I, subjek FI dan subjek FD cendrung sama. Sedangkan untuk masalah II terdapat perbedaan. Subjek FD tidak dapat memanggil kembali semua informasi lama yang telah diterimanya sehingga tidak dapat melakukan pengolahan informasi dengan tepat untuk memecahkan masalah. Pada tahap melaksanakan rencana pemecahan, untuk masalah I, perbedaan yang ditampilkan adalah subjek FI cendrung lebih kreatif dalam mengolah informasi daripada subjek FD. Sedangkan untuk masalah II, subjek FI lebih baik dalam mengolah dan mengambil kembali informasi dari pada subjek FD. Pada tahap melihat kembali, subjek FI melakukan pengolahan dan penyimpanan informasi sedangkan subjek FD tanpa mengolah informasi yang telah diperoleh. Kata Kunci: Proses Berpikir, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Oct 2018 06:22
Last Modified: 25 Oct 2018 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11251

Actions (login required)

View Item View Item