PENGEMBANGAN METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI

Hajrah, Hajrah (2018) PENGEMBANGAN METODE BERCERITA PADA ANAK USIA DINI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal Hajrah.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat kebutuhan pengembangan metode bercerita pada anak usia dini; (2) mengetahui prototipe metode bercerita pada anak usia dini; dan (3) mengetahui tingkat validitas dan kepraktisan pengembangan metode bercerita pada anak usia dini di TK Al Ghafoor Kelurahan Bangkala Kecamatan Manggala Kota Makassar. Jenis penelitian merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah kelompok B sebanyak 15 orang anak. Teknik analisis data yang dilakukan adalah menganalisis data lembar validasi secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kebutuhan pengembangan metode bercerita menjadi kebutuhan pengembangan walaupun sebelumnya metode tersebut bukan metode pembelajaran baru bagi anak didik untuk diberikan namun dalam mempelajarinya perlu diberikan pemahaman awal dari konsep dasar pembelajarannya; (2) Prototipe metode bercerita bagi anak usia dini terdiri atas dua jenis kegiatan meliputi: (1) bercerita dengan gambar seri, dan (2) mendongeng. Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa anak namun dalam pelaksanaannya memiliki keterbatasan atau kekurangan; dan (3) Tingkat validitas dan kepraktisan pengembangan metode bercerita pada anak usia dini menunjukkan bahwa penilaian validator dari semua perangkat yang telah disajikan dapat dinyatakan valid untuk digunakan dan pengembangan metode bercerita memenuhi aspek praktis sehingga layak digunakan. Kata kunci: Metode Bercerita, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Oct 2018 06:06
Last Modified: 25 Oct 2018 06:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11249

Actions (login required)

View Item View Item