MARSUKI, MARSUKI and SUWARDI, SUWARI and HAKIM, HIKMAD (2018) PENGARUH KECEPATAN REAKSI KAKI, DAYA LEDAK TUNGKAI, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH SISWA SMP NEGERI 1 CINA KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
JURNAL MARSUKI.pdf Download (630kB) | Preview |
Abstract
The Study is descriptive quantitative research, which aims at examining the influence of Feet reaction speed, legs explosive power and learning motivation on long jump Ability. The Populations were all students at SMPN (Public Junior highSchool) 1 Cina in Bone District. Samples were selected by employing random sampling teachniquw with SPSS 21.00 application at the significant level α=0.05. The results of the study reveal that 1) there is direct influence of feet reaction speed variable on learning motivation of students at SMPN 1 Cina by 21.7%, 2) there is direct influence of legs explosive power Variabel on learning motivation of students at SMPN 1 Cina by 33.2%, 3) there is direct of feet reaction speed on long jump ability at SMPN 1 Cina by 51.9%, 4) there is direct influence of legs explosive power on long jump ability at SMPN 1 Cina by 44.8%, 5) there is direct influence of learning motivation on long jump ability at SMPN 1 Cina by 20.5% , 6) there influence of feet reaction speed through learning motivation on long jump ability at SMPN 1 Cina by 11.2%, 7) there influence of legs explosive power through learning motivation on long jump ability at SMPN 1 Cina by 14.8%. Based on the equation of structural 1, the veriables of feet reaction speed, legs exposive power on learning motivation was X3 = 0,217 X1 + 0,332X2 + 0,510ɛ1 with R2 = 0,739. Atau 73,9%.; where as, the equation of Structural 2, the Variables of feed reaction speed, legs explosive power on long jump ability was Ӯ = 0,519X1 + 0,448X2 + 0,205X3 0,419ɛ2 with R2 = 0,824. Or 82,4 %. . Keywords: Teams Games Tournament; Teams Assisted Individualitation;Learning Oucomes. ABSTRAK Penelitian Ini adalah jenis penelitian kuantitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh kecepatan reaksi kaki, daya ledak tungkai dan motivasi belajar terhadap kemampuan lompat jauh. Populasi adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Cina. Teknik penentuan sampel adalah random samplingyang berjenis kelamin laki-laki berjumlah 37 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase dengan menggunakan aplikasi SPSS 21,00 dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkanbahwa : 1) ada Pengaruh langsung Variabel kecepatan reaksi kaki terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Cina sebesar 21.7 %. 2) ada pengaruh langsung variabel daya ledak tungkai terhadap motivasi belajar siswa SMP Negeri 1 Cina sebesar 33.2 %. 3) ada pengaruh langsung kecepatan reaksi kaki terhadap kemampuan lompat jauh SMP Negeri 1 Cina sebesar 51.9 %. 4) ada pengaruh langsung daya ledak tungkai terhadap terhadap kemampuan lompat jauh SMP Negeri 1 Cina sebesar 44.8%. 5) ada pengaruh langsung motivasi belajar terhadap kemampuan lompat jauh SMP Negeri 1Cina sebesar 20.5 %.6) ada pengaruh kecepatan reaksi kaki melalui motivasi belajar terhadap kemampuan lompat jauh SMP Negeri 1Cina sebesar 11.2 %.7) ada pengaruh daya ledak tungkai melalui motivasi belajar terhadap kemampuan lompat jauh SMP Negeri 1Cina sebesar 14.8 %.Dari persamaan struktural 1 dari variabe kecepatan reaksi kaki, daya ledak tungkai terhadap motivasi belajar adalah X3 = 0,217 X1 + 0,332X2 + 0,510ɛ1dengan nilai R2 = 0,739. Atau 73,9%. Sedangkan Dari persamaan struktural 2 dari variabel kecepatan reaksi kaki, daya ledak tungkai ke kemampuan lompat jauh adalah Ӯ = 0,519X1 + 0,448X2 + 0,205X3 0,419ɛ2dengan nilai R2 = 0,824. Atau 82,4 %. Kata Kunci : Kecepatan reaksi kaki, Daya ledak tungkai, Motivasi Belajar dan Kemampuan lompat jauh .
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > Jasmani dan Olahraga (S2) |
Divisions: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 24 Oct 2018 06:09 |
Last Modified: | 24 Oct 2018 06:09 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11235 |
Actions (login required)
View Item |