PENYALURAN KREDIT MODAL KERJA DAN TINGKAT PROFITABILITAS PADA PT BRI (Persero) Tbk KANTOR UNIT SOMBA OPU KOTA MAKASSAR

Asfar, Muh (2018) PENYALURAN KREDIT MODAL KERJA DAN TINGKAT PROFITABILITAS PADA PT BRI (Persero) Tbk KANTOR UNIT SOMBA OPU KOTA MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI MUH ASFAR, S.PD.pdf

Download (517kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyaluran kredit modal kerja dan tingkat profitabilitas bank pada PT BRI (Persero) Tbk Kantor Unit Somba Opu Kota Makassar. Variabel penelitian ini yaitu variabel bebas (X) yaitu kredit modal kerja (KMK) Di ukur dengan membandingkan keredit modal kerja dengan total kredit yang diberikan oleh bank, dan variabel terikatnya (Y) adalah profitabilitas bank yang diukur dengan membandingkan laba setelah pajak dengan total aktiva, kedua variable menggunakan satuan ukur persentase (%). Populasinya dan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh data laporan keungan serta catatan atas laporan keungan untuk penyaluran Kredit Modal Kerja, selama tahun 2012-2016 pengumpulan data menggunakan tekhnik dokumentasi, observasi dan wawancara. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan rasio Profitabilitas ROA. Berdasarkan data pada tahun 2012-2013 perkembangan kredit modal kerja mengalami peningkatan signifikan sebesar 17,66% disebabkan adanya fasilitas bank yang nyaman dan menawarkan perubahan jadwal pembayaran kewajiban debitur atau jangka waktu konkretnya bank menawarkan penjadwalan utang. Pada tahun 2014 mengalami penurunan sebesar 19,26% disebabkan oleh kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas mulai dari kurangnya perencanaan tenaga kerja, sistem rekruitmen dan seleksi, sistem pelatihan, penilaian prestasi kerja sampai dengan masalah kompensasi yang akan diberikan. Pada tahun 2015 mengalami peningkatan sebesar 47,48 % yang disebabkan karena adanya penawaran pengurangan harga bunga pinjaman dengan faktor utama yang mempengaruhi besar kecilnya penetapan suku bunga. Pada tahun 2016 mengalami peningkatan sebesar 13,44% disebabkan karena adanya program tambahan berupa strategi promosi terhadap produk yang ditawarkan kepada nasabah baru atau calon nasabah, promosi juga dilakukan untuk mempertahankan nasabah lama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Oct 2018 05:52
Last Modified: 24 Oct 2018 05:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11232

Actions (login required)

View Item View Item