Marsuki, Rachmat and Hudain, Muh. Adnan and Jaya, Andi Mas (2018) Upaya Meningkatakan Kemampuan Heading Dengan Pendekatan Model Pembelajaran Berpasangan Pada Permainan Sepakbola SMPN 7 Alla Kabupaten Enrekang. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
RACHMAT.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
.2018 “”, skripsi.Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh dan Andi Mas Jaya). Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan heading dengan pendekatan model pembelajaran berpasangan pada permainan sepakbola SMPN 7 Alla Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas).Variabel dalam penelitian ini terbagi 3 yaitu (1) variabel input; (2) variabel proses; (3) variabel output.Subjek penelitian adalah seluruh murid kelas VIII SMPN 7 Alla Kabupaten Enrekang berjumlah 34 siswa.Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes.Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan triangulasi. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah sebagai berikut : Aktivitas Murid kelas VIII SMPN 7 Alla Kabupaten Enrekang dalam melakukan kemampuan heading dengan pendekatan model pembelajaran berpasangan secara efektif mengalami peningkatan yang cukup berarti. Peningkatan hasil belajar tersebut dilihat pada perolehan ketuntasan hasil belajar secara klasikal maupun Individu yang mengalami peningkatan baik. Berarti hipotesis yang menyatakan jika model berpasangan digunakan maka kemampuan heading bola dalam permainan sepakbola Murid VIII SMPN 7 Alla Kabupaten Enrekang diterima dengan baik oleh murid. Kata Kunci : Kemampuan, Heading
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 24 Oct 2018 05:41 |
Last Modified: | 24 Oct 2018 05:41 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11231 |
Actions (login required)
View Item |