INOVASI BAKSO DARI IKAN GABUS (CHANNA STRIATA) DENGAN SUBSTITUSI DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA) DAN WORTEL (DAUCUS CAROTA)

Latif, Sri Irianti and Nahriana, Nahriana and Ratnawati, Ratnawati (2018) INOVASI BAKSO DARI IKAN GABUS (CHANNA STRIATA) DENGAN SUBSTITUSI DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA) DAN WORTEL (DAUCUS CAROTA). Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SRI IRIANTI.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembuatan bakso dari ikan gabus dengan substitusi daun kelor dan wortel, untuk mengetahui hasil uji organoleptik bakso dari ikan gabus dengan substitusi daun kelor dan wortel serta untuk mengetahui zat gizi yang terkandung dalam bakso dari ikan gabus dengan substitusi daun kelor dan wortel. Jenis ikan gabus yang digunakan dalam pembuatan bakso ini adalah ikan yang segar, dengan substitusi daun kelor dan wortel yang segar. Proses pengolahan bakso dari ikan gabus melalui beberapa tahap yaitu mulai dari persiapan bahan dan alat, pembersihan bahan dan alat, pencampuran bahan menjadi adonan, pembentukan adonan, perebusan, dan pendinginan bakso. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dimaksudkan untuk menghasilkan salah satu inovasi dalam pembuatan bakso serta memperoleh informasi mengenai produk yang disukai oleh panelis yaitu dengan produk K1W1 (10% daun kelor dan 30% wortel), K1W2 (10% daun kelor dan 40% wortel), K2W1 (5% daun kelor dan 30% wortel) dan K2W2 (5% daun kelor dan 40% wortel). Produk yang paling disukai kemudian dilakukan uji laboratorium zat gizinya di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar. Panelis sebanyak 33 orang terdiri dari 7 orang panelis terlatih, 11 orang panelis agak terlatih dan 15 orang panelis tidak terlatih yang selanjutnya melakukan uji hedonik dan mengisi score sheet. Tingkat kesukaan dari 33 panelis cenderung memilih formulasi K2W2 yaitu bakso dari ikan gabus dengan substitusi 5% daun kelor dan 40% wortel diperoleh hasil pemeriksaan atau uji laboratorium yaitu mengandung protein 6,86%, serat 0,33%, lemak 0,058% dan kadar air 82,31% per 100 gram bakso ikan gabus. Hasil penelitian dengan uji ANAVA, menunjukkan bahwa yang memiliki perbedaan antar sampel yaitu berdasarkan aspek tekstur dan rasa. Sampel terbaik berdasarkan aspek tekstur yaitu sampel K2W1 dengan penggunaan daun kelor 5% dan wortel 30%. Sampel terbaik berdasarkan aspek rasa yaitu sampel K2W2 dengan penggunaan daun kelor 5% dan wortel 40%. Kata Kunci : Bakso ikan gabus, Daun kelor, Inovasi, Wortel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Oct 2018 03:02
Last Modified: 24 Oct 2018 03:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11222

Actions (login required)

View Item View Item