Pengaruh Pemberian Biskuit Tepung Ikan Mujair dan Tepung Ikan Sarden terhadap Prestasi Belajar Siswa SD di Kecamatan Lamasi

Mutia, Mutia and Widodo, Slamet and Nahriana, Nahriana (2018) Pengaruh Pemberian Biskuit Tepung Ikan Mujair dan Tepung Ikan Sarden terhadap Prestasi Belajar Siswa SD di Kecamatan Lamasi. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL MUTIA.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Prestasi belajar siswa SD di kecamatan Lamasi dalam mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia sebelum mengkonsumsi biskuit tepung ikan mujair dan tepung ikan sarden, 2) Prestasi belajar siswa SD di kecamatan Lamasi dalam mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia sesudah mengkonsumsi biskuit tepung ikan mujair dan tepung ikan sarden, 3) Pengaruh pemberian biskuit tepung ikan mujair dan tepung ikan sarden terhadap prestasi belajar siswa SD di kecamatan Lamasi dalam mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen deskriptif dan Penelitian Randomized Controlled Trial (RCT), dengan populasi 3 sekolah sebanyak 104 siswa SD kelas V di kecamatan Lamasi. Jumlah sampel sebanyak 26 orang yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan teknik wawancara (profil keluarga dan lama belajar), observasi (keadaan lingkungan), angket (FFQ dan food recall) dan dokumentasi (data sekolah). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) prestasi belajar sebelum intervensi biskuit banyak yang memiliki nilai standar dan nilai dibawah standar, 2) prestasi belajar sesudah intervensi biskuit memiliki perbedaan dimana prestasi belajar siswa meningkat, 3) ada pengaruh konsumsi biskuit terhadap prestasi belajar siswa yang berada pada kategori lemah sebanyak 20,4% berarti 79,6% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Faktor lainnya yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu dilihat dari faktor status gizinya 23,4% ada pengaruh status gizi setelah intervensi biskuit, faktor morbiditasnya dimana adanya penurunan tingkat morbiditas setelah intervensi biskuit berpengaruh 6,7%, dan terakhir faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu lama belajar siswa di luar sekolah. Kata kunci: Biskuit Substitusi, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 24 Oct 2018 02:56
Last Modified: 24 Oct 2018 02:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11221

Actions (login required)

View Item View Item