PENEGAKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 4 BANTAENG

Fahruddin, Farid Alfahri (2018) PENEGAKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 4 BANTAENG. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL PENELITIAN FARID ALFAHRI FAHRUDDIN.pdf

Download (105kB) | Preview

Penelitian dilaksanakan untuk mengetahui penegakan disiplin peserta didik di SMA Negeri 4 Bantaeng, disiplin merupakan indikator dari suatu penilaian hasil belajar pada ranah penilaian sikap. Penelitian bertujuan : Untuk mengetahui bentuk pelaksanaan, kebijakan kepala sekolah, peran guru, peran orang tua dalam penegakan disiplin, faktor penunjang dan faktor penghambat penegakan disiplin peserta didik. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : Bentuk penegakan disiplin yakni menjemput peserta didik, semangat, kerjasama. Dukungan dari stakeholder, orang tua, dan peserta didik untuk senantiasa menjunjung tinggi tata tertib yang berlaku di sekolah. Memberikan wewenang pada guru untuk mengambil keputusan sehingga tidak menunggu waktu lama dalam pengambilan keputusan. Guru piket yang mengontrol aktivitas peserta didik di lingkungan sekolah seperti waktu tiba peserta didik ke sekolah. Guru bimbingan konseling mengontrol peserta didik yang diberikan layanan khusus di sekolah. Wali kelas melakukan kunjungan kerumah peserta didik. Peran orang tua mengontrol kegiatan anak di sekolah sangat membantu guru dalam memberikan pembinaan disiplin. Komunikasi interaktif antara guru dan orang tua peserta didik, memahami karakteristik anak, latar belakang anak, dukungan dan kerjasama orang tua, dukungan dan perhatian peserta didik merupakan penunjang penegakan disiplin. Sarana dan prasarana masih kurang memadai menghambat penegakan disiplin. Kata Kunci : Penegakan Disiplin, Kualitatif Deskriktif

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Oct 2018 06:54
Last Modified: 22 Oct 2018 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11192

Actions (login required)

View Item View Item