Meningkatkan hasil belajar teknik dasar bola voli dengan media pengajaran kartu tugas siswa kelas VII SMP Negeri 3 Duapitue Kabupaten Sidrap

Salbah, Zakinah (2018) Meningkatkan hasil belajar teknik dasar bola voli dengan media pengajaran kartu tugas siswa kelas VII SMP Negeri 3 Duapitue Kabupaten Sidrap. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal ZAKINAH SALBAH N.pdf

Download (154kB) | Preview

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar teknik dasar bola voli melalui media pengajaran kartu tugas SMP Negeri 3 Duapitue Kabupaten Sidrap tahun pelajaran 2018 / 2019. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek data penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Duapitue Kabupaten Sidrap tahun pelajaran 2018 / 2019 berjumlah 30 orang yang terdiri atas 16 siswa putri dan 14 siswa putra. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes penilaian hasil belajar teknik dasar permainan bola voli dengan media pengajaran kartu tugas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara deskriptif yang didasarkan pada analisis kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa: pembelajaran melalui media pengajaran kartu tugas, dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar bola voli pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Duapitue Kabupaten Sidrap. Dari hasil analisis, diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar teknik dasar bola voli pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 20,80% jumlah siswa yang tuntas adalah 6 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 90,10%, atau siswa yang tuntas adalah 27 siswa. Kata kunci : bolavoli, hasil belajar, media pengajaran kartu tugas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Oct 2018 06:49
Last Modified: 22 Oct 2018 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11191

Actions (login required)

View Item View Item