Pemanfaatan Tunjangan Profesi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bantaeng

SYAHRIR, SUTAN (2018) Pemanfaatan Tunjangan Profesi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bantaeng. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL PDF.pdf

Download (94kB)

Guru profesional akan menghasilkan proses dan hasil pendidikan yang berkualitas dalam rangka mewujudkan manusia Indonesia yang cerdas dan kompetitif, sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang sistem pendidikan nasional. Dalam perwujudannya, tanggung jawab perlu lebih ditekankan dan dikedepankan, karena saat ini banyak pendidik yang belum maksimal dalam menjalankan tugas karena belum menguasai kompetensi profesional dan ada pula yang cerdas serta terampil tetapi tidak memiliki tanggungjawab dalam mengamalkan ilmu dan keterampilannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Bertujuan untuk melakukan studi mendalam terhadap pemanfaatan tunjangan profesi guru di sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) pemanfaatan tunjangan profesi guru di SD telah dipergunakan untuk peningkatan profesionalisme guru, karena guru mampu menangani dan mengembangkan bidang studi atau kelas yang menjadi tanggungjawabnya, mampu mengembangkan dan menggunakan berbagai alat, media, dan sumber belajar yang relevan, mampu mengorganisasikan program pembelajaran, mampu mengevaluasi hasil belajar peserta didik dengan baik. Namun pemanfaatan tunjangan profesi guru lebih signifikan digunakan untuk keperluan konsumtif, peningkatan gaya hidup, kebutuhan sekunder, dan tersier, (ii) tunjangan profesi guru sekolah dasar berdampak pada peningkatan profesionalisme guru. Kata kunci: Pemanfaatan, Tunjangan Profesi Guru, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Oct 2018 05:56
Last Modified: 22 Oct 2018 05:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11186

Actions (login required)

View Item View Item