Pengaruh Kecerdasan Emosional, Minat Belajar Matematika, dan Gaya Kognitif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Jurusan Tata Busana SMK Negeri di Kabupaten Jeneponto”

Ernawati, Ernawati (2013) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Minat Belajar Matematika, dan Gaya Kognitif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Jurusan Tata Busana SMK Negeri di Kabupaten Jeneponto”. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ERNAWATI.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK ERNAWATI. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Minat Belajar Matematika, dan Gaya Kognitif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Jurusan Tata Busana SMK Negeri di Kabupaten Jeneponto”. (Dibimbing oleh H. Muhammad Arif Tiro dan Muhammad Darwis) Intelegensi yang tinggi tidak selalu menjamin tingginya prestasi belajar matematika seseorang. Dalam implementasinya, prestasi belajar matematika siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kecerdasan emosional, minat belajar matematika, dan gaya kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara kecerdasan emosional; minat belajar; gaya kognitif; interaksi antara kecerdasan emosional dan minat belajar; interaksi antara minat belajar matematika dan gaya kognitif, interaksi antara kecerdasan emosional dan gaya kognitif; serta interaksi antara kecerdasan emosional, minat belajar matematika, dan gaya kognitif terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex-post-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan tata busana SMK Negeri di Kabupaten Jeneponto sebanyak 95 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan terlebih dahulu mengidentifikasi gaya kognitif populasi kemudian sampel yang dipilih adalah siswa yang bergaya kognitif reflektif dan impulsive berjumlah 83 orang. Model yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri dari sepuluh hipotesis yang diuji dengan menggunakan analisis regresi dengan peubah bebas campuran dan analisis regresi model interaksi dengan peubuah bebas campuran yang semuanya menggunakan paket statistic SPSS 20.0. sebagai alat analisisnya. Hasil analisis inferensial data penelitian memberikan taksiran garis regresi Y=-4,746+0.112X1+0,511X2-3,361X3 untuk analisis regresi tanpa interaksi dan Y=-518,135+1,579X1+6,748X2+18,556X3-0,018X1X2-3,687X2X3-0,076X1X3 dengan model interaksi yang menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional dan minat belajar matematika signifikan berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa pada taraf signifikansi α=0,05. Sedangkan variabel gaya kognitif tidak signifikan dalam model. Untuk interaksi antar variabel, hanya interaksi antara kecerdasan emosional dan minat belajar matematika siswa yang signifikan dalam model. Sedangkan interaksi lainnya tidak signifikan dalam model. ABSRTACK ERNAWATI. The Influence of Emotional Intellegence, Interest in Learning, and Cognitive Style toward Mathematics Learning Outcomes of Grade X Students in Fashion Department at Public Vocational School in Jeneponto District (supervised by Muhammad Arif Tiro and Muhammad Darwis M) The study aims at analyzing the influence of emotional intelligence, learning interest, cognitive styles, interactions between emotional intelligence and learning interest, interactions between learning interest of mathemathics and cognitive style,interaction between emotional intelligence and cognitive style,and interaction between emotional intelligence, learning interest, and cognitive styles toward students’ learning outcomes of mathematics. The stady used quatitative approach with ex-post facto approach.the population of the stady was 95 grade X students of fashion department at public vocational school in jeneponto district. Samples were taken by identifying the cognitive styles of the population beforehand,then samples chosen were students with reflective and impulsive cognitive styles with 83 students. The model developed consisted of ten hypothesis tasted by employing regression analysis of free variable mixture and regression analysis of interaction model with free variable mixture which used SPSS 20.0 for analysis tools. The result of inferential analysis reveal that the prediction of regression line Y=-4.746+0.112X1 +0.511X2 -3.361X3 to analiyze regression without interection and Y=-518.135 +1.579X1 +6.478X2 +18.556X3 -0.018X1X2 -3.687X2X3 -0.076X1X3 with model interaction which indicated that the variable of emotional intelligence and learning interest of mathematics give significant influence toward students’ learning outcomes at the level of significant ∝=0.05; whereas, variable of cognitive styles is not significant in the model. Concerning interactions between variable, only interactions between emotional intelligence and students learning interest are significant in the model; whereas, other interactions are not significant in the model.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 00:58
Last Modified: 26 Oct 2016 00:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1118

Actions (login required)

View Item View Item