PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BIOLOGI BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANGKEP

Aqsan, Muhammad and B, Nurhayati and Karim, Hilda (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BIOLOGI BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANGKEP. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (616kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 mensyaratkan kemampuan keterampilan proses sains harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran serta menuntut guru dapat mengembangkan bahan ajar yang memacu keaktifan dalam kelas. Diperlukan suatu pendekatan dan sumber belajar yang tepat. Pendekatan Keterampilan Proses Sains dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dapat disatukan untuk menjawab masalah diatas. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (i) Bagaimana mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Keterampilan Proses Sains pada mata pelajaran Biologi kelas XI SMA ? (ii) Bagaimanakah validitas, kepraktisan, dan efektifitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Keterampilan Proses Sains pada mata pelajaran Biologi kelas XI SMA? Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan Proses Sains pada mata pelajaran Biologi kelas XI SMA. (ii) Untuk mengetahui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Keterampilan Proses Sains pada mata pelajaran Biologi kelas XI SMA yang memenuhi kriteria Valid, Praktis, dan Efektif yang telah dikembangkan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and development). Penelitian dan pengembangan adalah usaha untuk merancang dan mengembangkan produk baru.. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan LKPD berbasis KPS adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Pangkep. Subjek penelitian adalah kelas XI MIA 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata total kevalidan LKPD berbasis KPS adalah 4,26 berada dalam kategori valid. Persentase rata-rata nilai respon peserta didik adalah 87,46% berada pada kategori sangat baik dan respon peserta didik terhadap LKPD adalah positif. Sedangkan persentase rata-rata nilai respon guru 100% berada pada kategori sangat kuat dengan respon terhadap LKPD adalah positif. Hasil belajar peserta didik sebesar 90,32% mencapai KKM sehingga dikatakan efektif. Kesimpulannya adalah LKPD berbasis KPS pada materi sistem ekskresi yang dikembangkan adalah valid, praktis, efektif Kata Kunci: LKPD Biologi, Keterampilan Proses Sains.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Oct 2018 06:20
Last Modified: 17 Oct 2018 06:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11166

Actions (login required)

View Item View Item