Pengaruh kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir divergen terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Kota Parepare

Arifuddin, Arifuddin (2013) Pengaruh kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir divergen terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Kota Parepare. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Arifuddin.docx

Download (16kB)

ABSTRAK ARIFUDDIN, 2013. Pengaruh kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir divergen terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Kota Parepare (Dibimbing oleh ketua M.Arif Tiro dan anggota Muhammad Jufri). Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas. Penelitian ex-post facto disini dirancang untuk menerangkan adanya hubungan sebab akibat, peneliti dalam hal ini akan menelusuri hubungan sebab akibat (kausal) dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya antara: (1) Kecerdasan emosional, (2) Berpikir Divergen , dan (3) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah (1) angket kecerdasan emosional, (2) tes kemampuan berpikir divergen dan (3) tes kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan pemecahan masalah,kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir divergen MTs kelas VIII Kota Parepare, Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian dan menguji hipotesis yang telah diajukan, maka data yang telah di kumpulkan di analisis dengan menggunakan 4 macam tehnik analisis, yaitu (1) analisis konstruk validitas (2)analisis factor (2) analisis deskriptif, dan (3) analisis regresi ganda. Subjek penelitian ini berjumlah 100 dan ditentukan dengan menggunakan tekhnik sampling acak strata bertujuan (purposive stratified random sampling). Hasil penelitian ini adalah (1) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Kota Parepare pada pokok bahasan sudut adalah 56,09 berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar (37%) dari skor ideal 70.(2) Secara umum rata-rata kemampuan berpikir divergen siswa Kelas VIII MTs Kota Parepare adalah 68,51 berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar (34 %) dari skor ideal 100. (3) Secara umum rata-rata kecerdasan emosional baik faktor intrapersonal dan interpersonal siswa Kelas VIII MTs Kota Parepare adalah 165,38 berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar (54%) dari skor ideal 205.(4) Terdapat pengaruh bersama-sama yang signifikan antara faktor intrapersonal dan faktor interpersonal kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir divergen terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII MTs Kota Parepare.dengan besarnya kontribusi 63,5 %. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor intrapersonal kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Kelas VIII MTs Kota Parepare, dengan besarnya kontribusi 40%. (6) Terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor intrapersonal kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa Kelas VIII MTs Kota Parepare, dengan besarnya kontribusi 13,1%. (7) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir divergen matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa Kelas VIII MTs Kota Parepare, dengan besarnya kontribusi 41,2%.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 00:54
Last Modified: 26 Oct 2016 00:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1116

Actions (login required)

View Item View Item