Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa SMAN 16 Makassar

Taufiq, Muhammad and Arfanda, Poppy Elisiano and Djalal, Djen (2018) Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa SMAN 16 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal Muhammad Taufiq.pdf

Download (113kB) | Preview

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan metode survei, dengan teknik pengambilan data sarana prasarana dan hasil belajar. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMAN 16 Makassar berjumlah 124 siswa kelas 2, maka teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah melakukan pemilihan secara acak dengan menggunakan teknik “simple random sampling” dengan cara undian, sehingga jumlah sampel sebanyak 30 siswa kelas 2 SMAN 16 Makassar. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian tentang rata-rata sarana dan prasarana yang mendukung proses pembelajaran penjas di SMAN 16 Makassar adalah 55%, kategori cukup untuk mendukung proses pembelajaran penjas sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Hasil belajar pendidikan jasmani dengan melihat nilai raport siswa SMAN 16 Makassar memiliki nilai rapor yang tergolong cukup baik. Hal ini dibuktikan dari pengumpulan data tentang hasil belajar pendidikan jasmani siswa yang masuk dalam kategori cukup atau setara dengan 56,7%. Sarana dan prasarana berpengaruh positif terhadap hasil belajar pendidikan jasmani siswa SMAN 16 Makassar, besarnya pengaruh dapat dilihat dari koefisien regresi yaitu sebesar 0,933 kali terhadap peningkatan hasil belajar penjas karena faktor sarana prasarana. Kata kunci : Survei, Sarana dan prasarana, Hasil Belajar .

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Oct 2018 04:53
Last Modified: 16 Oct 2018 04:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11153

Actions (login required)

View Item View Item