SURVEI MINAT BELAJAR PENJAS TERHADAP KEMAMPUAN ATLETIK SISWA SMA NEGERI 3 JENEPONTO

RAHMAN, ABD JALIL (2018) SURVEI MINAT BELAJAR PENJAS TERHADAP KEMAMPUAN ATLETIK SISWA SMA NEGERI 3 JENEPONTO. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (350kB) | Preview

Abstract

Pendidikan jasmani sebagai komponen kependidikan secara keseluruhan telah disadari oleh banyak kalangan.Namun, dalam pelaksanaannya pengajaran pendidikan jasmani berjalan belum efektif seperti yang diharapkan. Pembelajaran pendidikan jasmani cenderung tradisional. Pengertian pendidikan jasmani sering dikaburkan dengan konsep lain. Itu menyamakan pendidikan jasmani dengan setiap usaha atau kegiatan yang mengarah pada pengembangan organ-organ tubuh manusia (body building), kesegaran jasmani (physical fitness), kegiatan fisik (physical activities), dan pengembangan keterampilan (skill development).Pendidikan jasmani bukan hanya pengembangan fisik secara terisolasi melainkan dalam konteks pendidikan secara umum. Dalam artian pendidikan jasmani adalah proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motoric, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi (Mahendra, 2003). Olahraga merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan keseharian. Agar siswa dapat melakukan kegiatan olahraga dengan benar, ia perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan olahraga yang memadai. Pendidikan jasmani diyakini dapat memberikan kesempatan yang memadai bagi siswa untuk berpartisipasi dalam kegiatan olahraga.Pembelajaran pendidikan jasmani menuntut siswa untuk aktif melakukan gerakan, baik gerakan yang menggunakan alat maupun tanpa alat. Menurut Rosdiani (2014), Pendidikan jasmani adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional, dalam kerangka system pendidikan nasional. Pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan terdapat beragam bentuk pembelajaran diantaranya permainan, senam, atletik, aktifitas air dan kesehatan.Masing-masing mempunyai karakter dan metode penyampaian yang berbeda-beda.Setiap materi pembelajaran pendidikan jasmani yang ada harus diikuti dan dilaksanakan dengan baik oleh peserta didik.Dengan demikian metode dapat diterapkan dengan baik sesuai dengan materi yang diajarkan. Pemberian pelajaran yang efektif, efisien dan terencana diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran atletik, sehingga dapat berhasil dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 15 Oct 2018 07:49
Last Modified: 15 Oct 2018 07:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11141

Actions (login required)

View Item View Item