STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SEKOLAH DASAR NEGERI NO. 122 DAULOLOE KECAMATAN WOTU KABUPATEN LUWU TIMUR SULKARNAIM

SULKARNAIM, SULKARNAIM (2018) STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER PADA SEKOLAH DASAR NEGERI NO. 122 DAULOLOE KECAMATAN WOTU KABUPATEN LUWU TIMUR SULKARNAIM. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sampai dimana strategi dan implementasi guru serta faktor apa saja yang mempengaruhi startegi pendidikan danpembentukan karakter dalam mata pelajaran PKn di Sekolah Dasar Negeri 122 DauloloeKecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitiandeskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan yangdigunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukanadalah teknik triagulasi yang terdiri dari tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendidikan karakter sudah tertuang dalamSilabus dan RPP yang dibuat oleh guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), dan sudah sejalan dengan visi misi sekolah. Ini dibuktikan dengan kerapnya guru- guru diikutkan dalam kegiatan seperti workshop, seminar atau pelatihan tentang pendidikan karakter dan selain itu untuk mendukung penerapan atau kegiatan yang telah diikuti oleh guru- guru maka kegiatan ekstra kurikuler seperti pramuka, seni dan olahraga serta dokter cilik menjadi tempat penerapan strategi pembentukan karakter siswa. Kata Kunci: Pendidikan karakter, pendidikan PKn, SDN 122 dauloloe

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Oct 2018 01:38
Last Modified: 11 Oct 2018 01:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11107

Actions (login required)

View Item View Item