UPAYA KELUARGA SINGLE PARENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI DESA BONTO MARANNU KECAMATAN ULU ERE KABUPATEN BANTAENG

DARMAWATI, DARMAWATI (2018) UPAYA KELUARGA SINGLE PARENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI DESA BONTO MARANNU KECAMATAN ULU ERE KABUPATEN BANTAENG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL DARE MA!.pdf

Download (182kB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mengetahui Upaya keluarga single parent dalam meningkatkan motivasi belajar anak, 2) Faktor yang mendorong keluarga single parent dalam meningkatkan motivasi belajar anak, 3) Faktor yang menghalangi keluarga single parent dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pemilihan informan menggunakan teknik Purposive sampling dengan kriteria seseorang yang sudah menikah (ayah atau ibu) kemudian ditinggal salah satu pasangannya karena pasangannya meninggal atau bercerai (single parent/ orangtua tunggal) yang sudah ditinggal minimal 3 tahun dan memiliki anak yang usia12-25 tahun belum menikah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Upaya yang dilakukan oleh keluarga single parent dalam meningkatkan motivasi belajar anak adalah dengan menyuruh mengikuti kegiatan keagamaan, mengatur keuangan, dan menabung.2) Faktor pendorong keluarga single parent dalam meningkatkan motivasi belajaranak yaitu meraih cita-cita, tekanan hidup, dan melihat keluarga lainnya yang telah sukses. 3) Faktor yang menghalangi keluarga single parent dalammeningkatkan motivasi belajar anak yaitu keterbatasan waktu dengan keluarga, penghasilan yang terbatas, dan keterbatasan pengetahuan. Kata Kunci : Single Parent, keluarga, motivasi belajar anak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 11 Oct 2018 01:21
Last Modified: 11 Oct 2018 01:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11102

Actions (login required)

View Item View Item