WARUNG KOPI DAN RUANG PUBLIK (STUDI PERGESARAN RUANG EKSPRESI WAKTU SENGGANG KE RUANG ENTITAS BUDAYA POPULER)

ANRICAL, ANRICAL (2018) WARUNG KOPI DAN RUANG PUBLIK (STUDI PERGESARAN RUANG EKSPRESI WAKTU SENGGANG KE RUANG ENTITAS BUDAYA POPULER). S2 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Artikel.docx

Download (69kB)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: bagaimana warung kopi sebagai ruang publik untuk ekspresi waktu senggang dapat bergeser menjadi ruang entitas budaya popular dan pemaknaan apa saja yang di internalisasi oleh masyarakat kota Makassar terhadap menjelmanya warung kopi sebagai entitas budaya populer. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan (i) pergeseran makna warung kopi sebagai ruang publik untuk ekspresi waktu senggang menjadi ruang entitas budaya popular adalah pelebaran fungsi warung kopi yang banyak dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat kota akan ruang public, pengaruh globalisasi, pekerjaan yang membutuhkan mobilitas tinggi, dan kemajuan media informasi dan komunikasi. (ii) makna warung kopi bergeser menjadi sarana pertemuan bisnis bagi pengusaha, sarana tempat kerja bagi karyawan dan mahasiswa, sarana pencitraan bagi penguasa dan politisi, sarana mencari dan berbagi informasi bagi kalangan media, dan sarana bersosialisasi dan hiburan. Kata Kunci: Warung Kopi, Ruang Publik, Waktu Senggang, Budaya Populer

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Oct 2018 07:39
Last Modified: 05 Oct 2018 07:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11073

Actions (login required)

View Item View Item