DESKRIPSI PROSES BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA SISWA SMK PERSADA WAJO

Syafruddin, Syafruddin (2018) DESKRIPSI PROSES BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA SISWA SMK PERSADA WAJO. S2 thesis, universitas negeri makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (246kB) | Preview

Berpikir kritis (critical thinking) adalah proses mental untuk menganalisis atau mengevaluasi informasi. Untuk memahami informasi secara mendalam dapat membentuk sebuah keyakinan kebenaran informasi yang didapat atau pendapat yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa SMK Persada Wajo dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif Field independent (FI) dan Field Dependent (FD). Dalam menyelesaikan soal integral yang diberikan masing-masing siswa berbeda dalam menyusun dan mengolah informasi yang mereka dapatkan disebabkan perbedaan gaya kognitifnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah 2 orang siswa kelas XII SMK Persada Wajo yang terdiri atas 1 orang subjek bergaya kognitif Field independent dan 1 orang subjek yang bergaya kognitif Field Dependent. Instrumen dalam penelitian ini adalah GEFT (Group Embedded Figures Test), tes berpikir kritis (TBK) dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes berpikir kritis (TBK) dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan proses berpikir kritis subjek Field Independent maupun subjek Field Dependent mampu memahami masalah, mengungkapkan konsep-konsep, dan menjelaskan strategi yang tepat dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Perbedaan proses berpikir kritis kedua subjek terlihat pada indikator menginferensi, subjek Field Independent mampu membuat kesimpulan dengan tepat sesuai konteks soal dan lengkap sedangkan subjek Field Dependent mampu membuat kesimpulan dengan tepat sesuai dengan konteks tetapi tidak lengkap. Perbedaan lain terlihat pada saat menyelesaikan soal yang diberikan, subjek Field Independent menjelaskan dengan lancar dan tepat saat wawancara sedangkan subjek Field Dependent menjelaskan dengan tepat jika diberikan petunjuk dari peneliti. Kata Kunci: berpikir kritis, gaya kognitif, field independent, field dependent, GEFT.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Oct 2018 06:34
Last Modified: 05 Oct 2018 06:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11070

Actions (login required)

View Item View Item