STUDI TENTANG PANDANGAN GURU TERHADAP PELANGGARAN DISIPLIN SISWA DI SMA NEGERI 3 TAKALAR

Insani, Nur (2018) STUDI TENTANG PANDANGAN GURU TERHADAP PELANGGARAN DISIPLIN SISWA DI SMA NEGERI 3 TAKALAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal NUR INSANI.pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pandangan guru terhadap pelanggaran disiplin peserta didik di SMAN 3 Takalar, (2) untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya pelanggaran disiplin pada peserta didik di SMAN 3 Takalar, (3) untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam menanamkan perilaku disiplin pada peserta didik. Jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMAN 3 Takalar. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui proses reduksi data, display atau penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Guru SMA Negeri 3 Takalar memandang bahwa pelanggaran disiplin siswa masih menjadi masalah yang aktual terjadi di sekolah, diantaranya siswa kurang menunjukkan etika dan sikap sopan santun yang baik dalam berinteraksi, kurangnya sikap dan perilaku kepedulian siswa terhadap lingkungan, dan sikap yang tidak taat pada tata tertib sekolah khususnya menyangkut kedisiplinan. (2) Faktor yang menyebabkan terjadinya pelanggaran disiplin peserta didik di SMA Negeri 3 Takalar adalah faktor pengaruh pergaulan siswa yang buruk kemudian perilaku siswa yang menyimpang itu juga dilakukan di dalam sekolah sehingga memengaruhi siswa lainnya. Selain itu, kurang efektifnya pembinaan disiplin yang dilakukan oleh keluarga, sekolah, dan masyarakat. (3) Upaya guru SMA Negeri 3 Takalar dalam menanamkan perilaku disiplin pada peserta didik. Pertama, salah satu upaya yang dilakukan adalah pendekatan sistem pembinaan dengan melaksanakan bimbingan klasikal khususnya oleh guru Bimbingan Konseling (BK) yang dilaksanakan di dalam kelas pada jam pembelajaran tertentu. Kedua, guru kelas melakukan penguatan materi pembelajaran dengan mengintegrasikan perilaku disiplin dalam mata pelajarannya agar transfer pengetahuan dan perilaku disiplin berjalan seiringan. Ketiga, guru berupaya menjadi teladan dan memiliki perilaku disiplin yang baik agar dapat menjadi contoh bagi peserta didik, memberikan bimbingan kepada peserta didik tentang pentingnya memahami perilaku disiplin sekaligus memberikan contoh penerapannya dalam berinteraksi sosial. Kata kunci : Pelanggaran Disiplin

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Oct 2018 06:18
Last Modified: 02 Oct 2018 06:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11033

Actions (login required)

View Item View Item