Efektivitas Pengelolaan Profesionalisme Guru di Kabupaten Bulukumba

BESSE ASIRA, ANDI (2015) Efektivitas Pengelolaan Profesionalisme Guru di Kabupaten Bulukumba. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ANDI BESSE ASIRA.docx

Download (16kB)

ABSTRAK ANDI BESSE ASIRA. 2015. “Efektivitas Pengelolaan Profesionalisme Guru di Kabupaten Bulukumba ”. Tesis. Dibimbing oleh Ismail Tolla dan Sulaiman Samad. Merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif yang bertujuan : (1) untuk mengetahui langkah-langkah pengelolaan profesionalisme guru di Kabupaten Bulukumba, (2) untuk mengetahui upaya yang dilakukan untuk mengembangkan profesionalisme guru di Kabupaten Bulukumba, (3) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam efektivitas profesionalisme guru di Bulukumba. Disimpulkan bahwa (1) Langkah-langkah efektivitas pengelolaan profesionalisme guru di Kabupaten Bulukumba terlaksana dengan efektif. Hal ini terlihat dari hasil pengamatan dan wawancara terhadap para responden yang dalam pelaksanaan pembelajaran semua aktivitas dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) telah terlaksana dengan efektif.(2) Upaya pengembangan efektivitas pengelolaan profesionalisme guru di Kabupaten Bulukumba terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari hasil motivasi guru dalam pelaksanaan pembelajaran. (3) Faktor penghambat efektivitas profesionalisme guru di Kabupaten Bulukumba adalah masih kurangnya sarana dan prasarana dalam hal ini ruang kelas yang terbatas. adapun faktor pendukung efektivitas profesionalisme guru di Kabupaten Bulukumba adalah motivasi guru yang tinggi dan tersedianya media pembelajaran di sekolah dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Kata Kunci: penelitian deskriptif kualitatif, pengelolaan profesionalisme guru, Analisis deskriptif dan kualitatif.   ABSTRACT ANDI BESSE ASIRA. 2015. The Effectiveness of Teachers’ Professionalism Management in Bulukumba District (supervised by Ismali Tolla and Sulaiman Samad). This is the kind of descriptive-qualitative research which aims at examining: (1) the steps of teachers’ professionalism management in Bulukumba district, (2) the efforts of teachers’professionalism management development in Bulukumba district, (3) the inhibiting and supporting factors of the teachers’ professionalism effectiveness in Bulukumba. The Result of the study reveal that (1) the step of teachers’ professionalism effectiveness in Bulukumba is implemented effectively. It can be seen from the observation and interview of the respondents who have effective implemented lesson plan in their teaching-learning process, (2) the efforts of teachers’ proffesionalism management development in Bulukumba is well implemented , proved by the teachers’ motivation in teaching-learning process (3) the inhibiting factors of the teachers’ proffesionalism effectiveness in Bulukumba is inadequate facilities and infrastructures at the school, in this case lack of classrooms; where as, the supporting factors of the teachers’ professionalism effectiveness in Bulukumba are the teachers’ motivations and ability of learning media for the learning process at school. Keywords: descriptive-qualitative research, teachers’ proffesionalism management, descriptive and qualitative analysis

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 00:26
Last Modified: 26 Oct 2016 00:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1103

Actions (login required)

View Item View Item