Analisis Kualitas Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional Mata Pelajaran Matematika Di SMK Negeri Kabupaten Bantaeng Berdasarkan Teori Respon Butir

Kartini, Kartini (2018) Analisis Kualitas Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional Mata Pelajaran Matematika Di SMK Negeri Kabupaten Bantaeng Berdasarkan Teori Respon Butir. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel - Copy.pdf

Download (277kB)

Penelitian ini untuk mengetahui kualitas soal USBN ditinjau dari validitas isi sesuai dengan teori respon butir dan kualitas soal USBN di SMKNegeri Kabupaten Bantaeng menurut teori respon butir. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif.Subjek penelitan ini adalah Peserta didik yang ada di SMK Negeri kabupaten Bantaeng.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumen hasil ujian USBN i. Teknik pengumpulan data diperoleh dalam bentuk dokumentasi. Teknik analisis data dalam mengungkap kualitas soal ; secara kuantitatif dilakukan Analisi soal oleh pakar secara kuantitatif berdasarkan teori respon butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) validitas isi ditinjau dari kesepakatan kedua pakar layak digunakan (ii) reliabilitas soal tinggi dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,912; (iii) tingkat kesukaran butir soal dalam analisis respon butir 1PL berkisar antara soal termudah -0,85 s/d soal tersulit 1,13, tingkat kesukaran dapat diamati dari estimasi kurva karakteristik masing-masing butir soal; (iv) daya beda butir soal pada analisis model logistik 2PL, dari 40 butir soal yang telah dianalisis, 40 butir soal masuk kategori daya beda yang baik dengan indeks daya beda antara 0 s/d 2, dan tidak ada soal yang memiliki kategori jelek,daya beda dari setiap butir soal dapat diamati pada kurva karakteristik masing-masing butir soal. Kata Kunci: Analisis Kualitas Soal USBN

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Oct 2018 02:59
Last Modified: 01 Oct 2018 02:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11011

Actions (login required)

View Item View Item