Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Exaple non Examle (ENE) Dalam Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Studi Eksperiment Kelas XI IPS SMA Negeri 19 Makassar

Hasna, Hasna (2014) Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Exaple non Examle (ENE) Dalam Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Studi Eksperiment Kelas XI IPS SMA Negeri 19 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
HASNA..docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK HASNA. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Exaple non Examle (ENE) Dalam Pembelajaran Geografi Terhadap Hasil Belajar Siswa Studi Eksperiment Kelas XI IPS SMA Negeri 19 Makassar. (dibimbing oleh Promotor Maddatuang serta Kopromotor Sulaiman Zhiddiq). Pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu proses interaksi antara peserta belajar dengan pengajar/ instruktur dan/ atau sumber belajar pada suatu lingkungan belajar untuk pencapain tujuan belajar tertentu. Dengan demikian, pembelajaran merupakan subsistem dari suatu penyelenggaran pendidikan atau pelatihan. Berkaitan dengan belajar sepanjang hayat. Model pembelajaran kooperatif tipe ENE adalah salah satu model pembelajaran yang digunakan pada kelas XI SMAN 19 Makassar. Model pembelajaran kooperatif tipe ENE juga merupakan metode yang mengajarkan pada siswa untuk belajar mengerti dan menganalisis sebuah konsep. Strategi yang diterapkan dari model ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa belajar secara cepat dengan menggunakan model kooperatife tipe ENE. Example memberikan gambaran akan sesuatu yang menjadi contoh akan suatu materi yang sedang dibahas, sedangkan Non-Example memberikan gambaran akan sesuatu yang bukanlah contoh dari suatu materi yang sedang dibahas. Tujuan penelitian (1) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe ENE terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 19 Makassar (2) Mengatahui perbedaan hasil belajar geografi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example dengan metode pembelajaran konvensional Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran (ENE) berpengaruh meningkatkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 49.05. (2) Dapat meningkatkan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari nilai 40.00 menjadi 89,05. (3) Terjadi perbedaan nilai rerata hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe example dan non example dengan tes hasil belajar dengan nilai perbedaan sebesar 10.05. (Dengan nilai presentase 11,29%) ABSTRACT HASNA. 2014. The influence of Cooperative Learning Methods Types of Example Non Example (ENE) in Geography Learning Against Student Learning Outcomes Study in Class XI IPS experiment SMAN 19 Makassar. (guided by the Promoter Maddatuang and copromotor Sulaiman Zhiddiq). Learning can be defined as a process of interaction between participants learn with a teacher / instructor and / or learning resources in a learning environment for the achievement of specific learning objectives. Thus, learning is a subsystem of the delivery of education or training (training). In connection with lifelong learning (life-long training). Cooperative learning model ENE is one of the learning model used in class XI of SMAN 19 Makassar. Cooperative learning model in Cooperatif type ENE is also a method that teaches students to learn to understand and analyze a concept. The strategy applied this model aims is to prepare students to learn quickly by using a model of cooperatif type (ENE). Example will illustrate an example of something that would be a matter that is being discussed, while the Non-Example will illustrate an example of something that is not a matter that is being discussed. The purpose of the study (1) Determine the influence of cooperative learning model (ENE) on improving student learning outcomes in class XI Social SMAN 19 Makassar (2) know the differences in geography learning outcomes using cooperative learning model Example Non-Example with conventional learning method The results showed that, there was an average difference of learning outcomes of students taught by cooperative learning model ENE, an increase in this case there are differences in learning outcomes of students who are taught by the method of examples non-examples with students who are taught by conventional methods in geography lesson to students in class XI IPS SMAN 19 Makassar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Oct 2016 00:35
Last Modified: 26 Oct 2016 00:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1101

Actions (login required)

View Item View Item