EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR

Sam, Noer Chadijah L (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
3.Jurnal_Noer Chadijah L. Sam.pdf

Download (514kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang diberikan pembelajaran model PBL menggunakan media video dengan model pembelajaran konvensional; (2) mengetahui efektivitas penerapan model problem based learning menggunakan media video untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran jaringan dasar. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 4 Makassar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 65 peserta didik, dan dibagi menjadi empat kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperiment, di mana desain penelitian yang digunakan adalah Solomon four group design. Pada tahap pengujian instrumen dipilih dua validator yang memvalidasi instrumen berupa tes uraian dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, uji hipotesis ANOVA one way, dan dilanjutkan dengan uji tukey untuk melihat perbedaan pada setiap kelas eksprerimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelompok yang diberikan perlakuan (treatment) berupa model PBL menggunakan media video dengan kelompok yang tidak diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil uji lanjut (post hoc) menggunakan uji tukey menunjukkan bahwa antara kelas experiment with pre-test (Group 1) dan kelas control with pre-test (Group 2) menunjukkan nilai mean difference yang signifikan antara kedua kelompok. Pada kedua kelompok ini diberikan pre-test yang sama namun, tidak diberikan perlakuan yang sama yaitu pada kelas experiment with pre-test (Group 1) diberikan penerapan model PBL menggunakan media video dan untuk kelas control with pre-tes (Group 2) tidak diberikan perlakuan. Dan hasil uji tukey menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok ini, sehingga dapat disimpulkan bahwa efek yang menyebabkan adanya perbedaan yaitu efek dari perlakuan yaitu penerapan model PBL menggunakan media video; (2) penerapan model PBL menggunakan media video efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran jaringan dasar di SMKN 4 Makassar. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Video Pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Oct 2018 01:31
Last Modified: 01 Oct 2018 01:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11005

Actions (login required)

View Item View Item