PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF

Aries, Nur Sakinah (2018) PROSES BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA KOGNITIF. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (550kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa berdasarkan gaya kognitif dalam menyelesaikan masalah matematika. Proses berpikir kreatif yang diamati pada penelitian ini merupakan proses mental yang dialami siswa selama menyelesaikan masalah yang terdiri dari tahapan persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama yang dibantu dengan tugas pemecahan masalah kreatif, Group Embended Figure Test (GEFT) dan pedoman wawancara. Data dikumpulkan melalui pemberian wawancara berbasis tugas kepada empat orang siswa kelas VIII MTs Negeri Balang-balang kabupaten Gowa, yang terdiri dari dua siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dan dua siswa dengan gaya kognitif Field Dependent (FD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dari kedua tipe gaya kognitif melalui tahapan proses berpikir kreatif yaitu persiapan, inkubasi, iluminasi dan verfikasi. Namun, subjek dengan gaya kognitif FI pada tahap persiapan cenderung lebih baik dalam mengolah informasi, dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk memahami ataupun menyelesaikan masalah yang diberikan serta relatif lebih lancar dan tidak mengalami kendala saat menerapkan ide yang diperolehnya. Sedangkan untuk subjek dengan gaya kognitif FD pada tahap persiapan cenderung mengumpulkan informasi selain berdasarkan pemahamannya juga bertanya kepada peneliti, membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dalam mengolah informasi dan menyelesaikan masalah. Selain itu, dalam menerapkan ide yang diperolehnya subjek cenderung melakukan kesalahan tetapi mampu memperbaiki dan memperoleh jawaban yang benar pada akhirnya. Kata kunci: Proses berpikir kreatif, gaya kognitif field independent-dependent

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Sep 2018 05:37
Last Modified: 28 Sep 2018 05:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/11001

Actions (login required)

View Item View Item