Kemampuan Menggambar Objek Tiga Dimensi dengan Perspektif yang Benar Melalui Pengamatan Langsung pada Pembelajaran Seni Supa oleh Siswa SMK Negeri di Kota Makassar

SULISTARIYANTO, TRI (2018) Kemampuan Menggambar Objek Tiga Dimensi dengan Perspektif yang Benar Melalui Pengamatan Langsung pada Pembelajaran Seni Supa oleh Siswa SMK Negeri di Kota Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (i) mengetahui kemampuan menggambar objek tiga dimensi dengan perspekti yang benar melalui pengamatan langsung pada pembelajaran seni rupa oleh siswa SMK Negeri di Kota Makassar. (ii) untuk mengetahui penghambat pelaksanaan menggambar objek tiga dimensi dengan perspekti yang benar melalui pengamatan langsung pada pembelajaran seni rupa oleh siswa SMK Negeri di Kota Makassar. (iii) untuk mengetahui hasil menggambar objek tiga dimensi dengan perspekti yang benar melalui pengamatan langsung pada pembelajaran seni rupa oleh siswa SMK Negeri di Kota Makassar. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui beberapa cara yaitu: (i) Tes kemampuan, (ii) Observasi, (iii) Wawancara, dan (iv) Dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, yaitu menganalisis, mengidentifikasi, menemukan, dan menafsirkan berbagai temuan-temuan fakta yang terjadi di lapangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey yang sifatmya kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri Kota Makassar pada tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah Siswa SMK Negeri yang ada di kota Makassar. Sampel yang diambil sebanyak 4 dari 10 Sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) proses menggambar objek tiga dimensi dengan perspektif yang benar melalui pengamatan langsung oleh siswa SMK Negeri di Kota Makassar masih tergolong sedang (ii) rata-rata siswa dari tiap kriteria penilaian mendapat nilai 55-74. (iii) pada kriteria penilai 1 dari SMK Negeri 2 Makassar siswa mendapat nilai sedang dengan jumlah skor 58. Siswa SMK Negeri 3 Makassar mendapat nilai sedang dengan jumlah skor 56. Siswa SMK Negeri 6 Makassar mendapat nilai sedang dengan jumlah skor 58. Siswa SMK Negeri 10 makassar mendapat nilai sedang dengan jumlah skor 55. (iv) pada kriteria penilai 2 dari SMK Negeri 2 Makassar siswa mendapat nilai sedang dengan jumlah skor 59. Siswa SMK Negeri 3 Makassar mendapat nilai sedang dengan jumlah skor 55. Siswa SMK Negeri 6 Makassar mendapat nilai sedang dengan jumlah skor 58. Siswa SMK Negeri 10 makassar mendapat nilai sedang dengan jumlah skor 56. Adapun faktor penghambat yaitu: (i) kurangnya bakat dan minat yang dimiliki oleh siswa (ii) kurangnya tingkat pengetahuan dan keterampilan (iii) latar belakang guru seni budaya dari S1 bahasa Indosesia dan S1 PKN.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Sep 2018 01:24
Last Modified: 28 Sep 2018 01:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10987

Actions (login required)

View Item View Item