PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN ISLAM

Ridwan, Wardimansyah (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN ISLAM. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL PENELITIAN.pdf

Download (87kB)

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran berbasis e-learning Pada Mata Kuliah Pengembangan Teknologi Pendidikan Islam, dan 2) mengetahui tanggapan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis e-learning Pada Mata Kuliah Pengembangan Teknologi Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 21 orang mahasiswa Pascasarjana Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis e-learning pada unsur kevalidan yang diberikan oleh ahli materi yakni rata-rata 4,8 pada isi materi, 4,9 pada aspek pembelajaran. Kemudian ahli media memberikan rata-rata penilaian 4,6 pada aspek tampilan dan 4,8 pada aspek pembelajaran, rata-rata pada setiap hasil tersebut nilainya lebih besar dari median skala likert 3. Dengan demikian dapat dikatakan media pembelajaran berbasis e-learning sangat layak. Kemudian pada unsur kepraktisan yang diberikan oleh 21 responden pada uji coba lapangan yakni rata-rata 4,8 pada aspek kondisi pembelajaran, 4,9 pada aspek metode pembelajaran dan 4,6 pada aspek hasil belajar. rata-rata pada setiap hasil tersebut nilainya lebih besar dari median skala likert. Dengan demikian dapat dikatakan media pembelajaran berbasis e-learning sangat praktis. Kemudian pada unsur keefektifan dibuktikan dengan pemberian pre-test dan post-test. Hasil rata-rata penilaian pada pre-test yakni 4,6, sedangkan pada post-test yakni 9,2. Hal ini menunjukan perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test media pembelajaran berbasis e-learning. Dengan demikian dapat dikatakan media pembelajaran berbasis e-learning sangat efektif. Kemudian tanggapan terhadap peserta didik juga diperkuat dengan hasil wawancara yang positif, sehingga dapat dikatakan bahwa tanggapan peserta didik sangat baik. Kata Kunci: Media pembelajaran, e-learning, pengembangan teknologi pendidikan islam, moodle.  Penelitian ini dilakukan sebagai syarat untuk Mencapai Derajat Magister di Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar ** Mahasiswa Pendidikan Teknologi Kejuruan, Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Sep 2018 07:20
Last Modified: 27 Sep 2018 07:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10975

Actions (login required)

View Item View Item