PENGARUH PENGGUNAAN LKPD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 MAROS (STUDI POKOK HIDROLISIS GARAM)

Amalia, Amalia (2018) PENGARUH PENGGUNAAN LKPD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 6 MAROS (STUDI POKOK HIDROLISIS GARAM). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel Amalia.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kelas XI IPA SMA Negeri 6 Maros materi pokok hidrolisis garam. Desain penelitian Pretest Treatment Postest Design. Penentuan sampel dilakukan secara random kelas dan terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas A (kelaseksperimen) dan kelas XI IPA 3sebagai kelas B(kelaskontrol).Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan uji independent sample T-Test.Data rata-rata nilai N-gain indikator keterampilan berpikir kritis pada kelas A sebesar 0,625 berada dalam kategori sedang, N-gain hasil belajar sebesar 0,70 berada dalam kategori tinggidankelas Brata-rata nilai N-gain indikator keterampilan berpikir kritis sebesar 0.454dengankategori sedang, dan N-gain hasil belajar sebesar 0,52 dengankategori sedang. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikan, α = 0,05 diperoleh nilai thitung3,22> ttabel 2,02 dan signifikansi (0,003 < 0,05), menunjukkan hipotesis diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan LKPD terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kelas XI IPA SMA Negeri 6 Maros materi pokok hidrolisis garam. Kata kunci: LKPD, inkuiri terbimbing, hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Sep 2018 05:55
Last Modified: 27 Sep 2018 05:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10973

Actions (login required)

View Item View Item