PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA

MUSDAENI, MUSDAENI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT ACHIEVEMENT DIVISIONS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Abstrak:Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar kimia peserta didik baik secara keseluruhan maupun untuk peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi dan peserta didik yang memiliki minat rendah yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan yang diajar melalui model pembelajaran langsung di SMAN 9 Bulukumba. Selain itu, untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar kimia peserta didik di SMAN 9 Bulukumba. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain faktorial 2 x 2 dengan menggunakan teknik simple random sampling untuk menentukan sampel penelitian. Data diperoleh melalui kuesioner minat belajar dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan hasil belajar kimia peserta didik lebih tinggi untuk yang diajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih baik daripada yang diajar melalui model pembelajaran langsung di SMAN 9 Bulukumba. Begitupun secara keseluruhan hasil belajar kimia peserta didik lebih tinggi yang minat belajar tinggi tidak lebih baik daripada yang peserta didik yang memiliki minat belajar rendah di SMAN 9 Bulukumba. Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat terhadap hasil belajar kimia peserta didik SMAN 9 Bulukumba. KataKunci:Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Minat Belajar, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Sep 2018 07:24
Last Modified: 26 Sep 2018 07:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10965

Actions (login required)

View Item View Item