Pengaruh Kompetensi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompensasi Guru Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri se Kota Makassar

KASMIATI, KASMIATI (2018) Pengaruh Kompetensi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompensasi Guru Terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri se Kota Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (488kB) | Preview

, 2018. (dibimbing oleh ). Dari data yang diperoleh di pusat data dan statistik pendidikan dan kebudayaan, tingkat kinerja guru di Sulawesi Selatan khususnya Kota Makassar yaitu berada pada tingkat pratama dibandingkan dengan tingkat kinerja guru di Kalimantan Timur yaitu berada pada tingkat Madia. Kemungkinan yang menjadi factor penyebab kinerja guru berada di tingkat tersebut adalah kompetensi kepala sekolah dan kompensasi yang diterima oleh guru itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kompetensi kepemimpinan kepalas sekolah dan kompensasi terhadap kinerja guru di SMK Negeri se Kota Makassar. Metode penelitian ini adalah explanatory survey. Pengumpulan informasi yang dilakukan langsung dilapangan secara empiric dengan sampel yang lebih kecil.Variabel bebas padapenelitianiniyaitu kompetensi kepemimpinan kepala sekolah dan kompensasi. Variabel terikatnya adalah kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah semua semua guru yang sertifikasi di SMKN se-Kota Makassar. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel ini adalah Proportionalrandom sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket disebarkan langsung ke guru sebanyak 84 angket. Angket yang dingunakan telah divalidasi oleh validator ahli meliputi: Validasi Isi dan Validasi Empirik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) Gambaran umum kompetensi kepemimpinan kepala sekolah, kompensasi, dan kinerja guru SMK Negeri se-Kota Makassar berada dalam kategori baik, (ii) Kompetensi kepemimpinan kepala sekolah memiliki pengaruh yang sangat rendah terhadap kinerja guru SMK Negeri se-Kota Makassar, (iii) Kompensasi memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap kinerja guru SMK Negeri se-Kota Makassar, (iv) Kompetensi kepemimpinan kepala sekolah dan kompensasi memiliki pengaruh yang kuat terhadap kinerja guru SMK Negeri se- Kota Makassar. Kata Kunci : Pengaruh, Komopetensi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompensasi, dan Kinerja Guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Sep 2018 07:09
Last Modified: 26 Sep 2018 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10963

Actions (login required)

View Item View Item