PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS POODLE (PORTABLE MOODLE) PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMK

Sari, Nur Indah (2018) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS POODLE (PORTABLE MOODLE) PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR DI SMK. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL (ARTIKEL) INDONESIA.pdf

Download (573kB) | Preview

Abstract

Pengembangan Pembelajaran E-Learning Berbasis Poodle (Portable Moodle) pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan pembelajaran E-Learning berbasis Poodle (Portable Moodle) pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar (2) menghasilkan pembelajaran E-Learning berbasis Poodle (Portable Moodle) pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar yang valid, praktis dan efektif. Dalam merancang media pembelajaran ini, peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE. Produk pengembangan yang dihasilkan adalah media pembelajaran E-Learning berbasisPoodle (Portable Moodle) yang dilengkapi dengan buku panduan. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pangkep. Siswa kelas X (Sepuluh) dijadikan subjek uji coba dalam penelitian ini yakni tiga siswa pada uji coba one to one, lima siswa pada uji coba kelompok kecil serta dua puluh siswa pada uji coba lapangan, seorang gurudan dua orang pengamat pada uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, data angket atau kuisioner, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini, yaitu; (1)proses pengembangan pembelajaran E-Learning berbasis Poodle ini mengacu pada model ADDIE yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation; dan (2) produk yang dihasilkan berupa pembelajaran E-Learning berbasis Poodle yang telah valid, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran komputer dan jaringan dasar di SMK Negeri 1 Pangkep yang dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase dengan perolehan rata-rata kriteria kevalidan yaitu validasi media 90,28%, validasi materi 94,23%, kriteria kepraktisan yaitu respon siswa 90,36%, respon guru 88,89%, dan kriteria kefektifan yaitu keterlaksanaan 92,01% berada pada kategori sangat baik dan berdasarkan hasil tes belajar siswa yaitu dari 20 siswa yang diuji cobakan 18 diantaranya telah mencapai KKM yang artinya media pembelajaran E-Learning berbasis Poodle berada pada kategori efektif. Kata Kunci :E-Learning, Pembelajaran, Poodle (Portable Moodle)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Sep 2018 08:31
Last Modified: 25 Sep 2018 08:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/10951

Actions (login required)

View Item View Item